Momen Prabowo Terobos Hujan untuk Inspeksi Pasukan Parade Senja di Akmil Magelang

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 25 Oktober 2024 | 19:02 WIB
Presiden Prabowo Terobos Hujan untuk Inspeksi Pasukan Parade Senja di Akmil Magelang. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Prabowo Terobos Hujan untuk Inspeksi Pasukan Parade Senja di Akmil Magelang. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Prabowo Subianto menerobos hujan saat upacara parade senja yang dihadiri oleh anggota Kabinet Merah Putih. Adapun upacara parade senja berlangsung di Lapangan Pancasila Kompleks Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).

Upacara diselenggarakan sore hari dan dipimpin langsung oleh Presiden Prabowo. Saat berjalan, hujan pun mengguyur kawasan Akmil Magelang dan upacara parade senja tetap berjalan.

Sebagaimana dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Prabowo melakukan inspeksi pasukan menaiki rantis Maung. Ia berkeliling menerobos derasnya hujan menggunakan seragam loreng yang digunakan pembekalan kepada para menteri Kabinet Merah Putih.

Sejatinya, Prabowo disediakan payung oleh petugas saat akan menaiki rantis Maung. Namun, dia tetap berdiri tegak di atas rantis untuk menerobos hujan dengan ditemani oleh Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsuddin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Setelah melakukan pemeriksaan pasukan, Prabowo kembali ke tenda kehormatan. Lalu, acara dilanjutkan dengan penurunan bendera merah putih dan seluruh lampu di kawasan Akmil dimatikan.

Seperti dilansir dari Antaranews, kegiatan Parade Senja yang umum dihelat pada prosesi menaikan dan menurunkan Bendera Merah Putih di hari kemerdekaan itu, melibatkan sekitar 1.200 taruna dari Akmil Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Polri.

Mereka memperlihatkan keterampilan baris-berbaris pasukan atau defile di hadapan anggota Kabinet Merah Putih.

Presiden Prabowo Subianto bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam parade tersebut.

Sedangkan, Perwira Upacara diperankan oleh Sersan Mayor 1 Taruna (Sermatutar) Irfan Yuda. Komandan Upacara Sermatutar Aldrian Ahmad Effendi.

Proses penurunan bendera dilakukan Sermatutar Prananda Aldi Saputra, Brigadir Taruna Fatan, Sermatutar Andriansyah Cecha Ramadhan, serta Penatarama Sermatutar Lintang Mizar Kuncoro.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: