Saat Prabowo Perkenalkan 6 Menteri Kabinet Merah Putih Peraih Adhi Makayasa

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 16:37 WIB
Presiden Prabowo saat makan malam bersama Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang. (Foto/Tim Prabowo).
Presiden Prabowo saat makan malam bersama Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang. (Foto/Tim Prabowo).

BeritaNasional.com - Presiden Prabowo Subianto memperkenalkan beberapa alumni terbaik bergelar Adhi Makayasa dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, Akademi Angkatan Laut, hingga Akademi Kepolisian yang kini menduduki jabatan strategis di Kabinet Merah Putih. 

Enam alumni Adhi Makayasa yang kini mengemban peran penting dalam kabinet, termasuk Jenderal bintang empat dan peraih prestasi luar biasa lainnya.

“Di kabinet saya, terdiri juga dari beberapa alumni dan saya bersyukur, saya beruntung saya mendapat alumni yang terbaik yang masuk kabinet saya,” kata Prabowo saat acara makan malam bersama di Akmil Magelang, Jumat (25/10/2024) malam.

Lulusan terbaik Akademi Kepolisian yang kini tergabung dalam kabinet Prabowo-Gibran adalah Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian dan Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan. 

Sementara dari TNI, terdapat empat peraih Adhi Makayasa yang kini menjabat di kabinet Merah Putih.  Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra, lulusan Akmil Magelang angkatan 1987, kini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN); Marsekal Madya TNI (Purn) Donny Ermawan Taufanto, angkatan 1987, menjabat Wakil Menteri Pertahanan.

Lalu ada,Letkol (Purn) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara, angkatan 1999, kini menjadi Menteri Transmigrasi; Agus Harimurti Yudhoyono, angkatan 2000, menjabat Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.

Lebih jauh, Prabowo menjelaskan makna dan nilai sejarah Lembah Tidar sebagai simbol perjuangan panjang bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Kepala Negara juga mengingatkan bahwa tempat ini pernah menjadi saksi sejarah perlawanan Sultan Agung dan Pangeran Diponegoro terhadap penjajah.

“Saya sengaja memilih Lembah Tidar untuk mengajak pimpinan pemerintah Republik Indonesia untuk lima tahun yang akan datang. Saya jelaskan kepada mereka bahwa Lembah Tidar ini bagian dari suatu wilayah perjuangan panjang,” ujar Presiden Prabowosinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: