Pengamat: Latihan Militer Upaya Prabowo Disiplinkan Menteri

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 27 Oktober 2024 | 10:07 WIB
Jajaran Kabinet Merah Putih kembali melanjutkan retreat di Akmil Magelang. (Foto/Biro Pers).
Jajaran Kabinet Merah Putih kembali melanjutkan retreat di Akmil Magelang. (Foto/Biro Pers).

BeritaNasional.com -  Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai bahwa Presiden Prabowo Subianto menerapkan metode militer untuk mendisiplinkan para menterinya.

Hal ini disampaikan Jerry sehubungan dengan langkah Prabowo yang mengumpulkan menterinya untuk Retret Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang.

“Saya kira ini cara mendisiplinkan para menteri agar bekerja punya semangat prajurit dan pengabdian pada Indonesia,” ujarnya kepada Beritanasional.com, Minggu (27/10/2024).

Jerry menjelaskan bahwa metode militer ini bertujuan untuk membina mental para menteri agar lebih kuat dalam mengabdi kepada nusa dan bangsa.

“Banyak pelajaran yang didapat seperti latihan baris-berbaris sampai bangun subuh jam 4. Belum lagi dengan program pembekalan materi-materi yang berkualitas,” kata dia.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menegaskan bahwa agenda Retreat Kabinet Merah Putih di Magelang tidak dimaksudkan untuk bersifat militeristik.

Meski terdapat latihan dan pengarahan kepada seluruh jajaran Menteri dan Wakil Menteri, Prabowo menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan kedisiplinan dan kesetiaan kepada bangsa dan negara.

“Saya tidak bermaksud membuat anda militeristik, salah, bukan itu,” ujar Prabowo.

Prabowo juga mengatakan bahwa banyak pemerintah dan perusahaan yang meniru pendekatan militer, terutama dalam menekankan kedisiplinan.

“The military way inti dari semua perusahaan adalah disiplin. Kedua, kesetiaan benar-benar minta saudara tidak setia kepada Prabowo, setia kepada bangsa dan negara Indonesia,” tegasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: