Israel Gempur Lebanon Selatan dengan Bom Fosfor

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 27 Oktober 2024 | 08:24 WIB
Sebuah daerah pinggiran di selatan Beirut, Lebanon, hancur setelah menjadi sasaran serangan udara Israel. (Foto: UNICEF/Dar al Mussawir/Ramzi Haidar)
Sebuah daerah pinggiran di selatan Beirut, Lebanon, hancur setelah menjadi sasaran serangan udara Israel. (Foto: UNICEF/Dar al Mussawir/Ramzi Haidar)

BeritaNasional.com -  Pasukan Israel pada Sabtu (26/10/2024) meluncurkan serangan menggunakan bom fosfor di beberapa desa di Nabatiyeh, Lebanon selatan, dan melakukan serangan udara di daerah Tyre yang menyebabkan banyak kebakaran, seperti dilaporkan media setempat.

Dikutip dari Anadolu, Minggu (27/10/2024), Kantor Berita Nasional Lebanon menyebutkan bahwa serangan udara Israel terfokus pada wilayah sekitar Desa Al-Ayshiyeh, Sajd, dan Jermak di distrik Jezzine, Kegubernuran Selatan.

Bahkan sebuah serangan besar di kawasan Qatrani menyebabkan pemadaman listrik di beberapa kota dan kebakaran di hutan Joura Khadr, lanjut laporan tersebut.

Di Marjayoun, Kegubernuran Nabatiyeh, serangan udara Israel juga menghantam daerah Adaisseh dan pinggiran Taybeh.

Di Hasbaya, penembakan artileri dengan amunisi fosfor mengincar area sekitar Kota Halta dan Wadi Khansa, sementara serangan udara lainnya mengenai Zoutr Timur di Nabatiyeh.

Dalam laporan tersebut juga mengungkap bahwa penembakan artileri berat juga terjadi di Tyre antara Desa Majdal Zoun dan Shamaa, yang menyebabkan kebakaran baru.

Selain itu, pasukan Israel menargetkan buldoser yang sedang melakukan pembersihan jalan di Rashknaniya, namun tidak ada laporan mengenai korban cedera.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: