KPU DKI Libatkan Masyarakat dalam Penyusunan Pertanyaan Debat Kedua Pilgub Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 27 Oktober 2024 | 07:43 WIB
Debat pertama 3 Cagub-Cawagub Jakarta yang diselenggarakan KPUD Jakarta. (BeritaNasional/Elvis Sendouw).
Debat pertama 3 Cagub-Cawagub Jakarta yang diselenggarakan KPUD Jakarta. (BeritaNasional/Elvis Sendouw).

BeritaNasional.com -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI melibatkan masyarakat untuk menyusun daftar pertanyaan yang akan ditanyakan pada debat kedua Pilgub Jakarta 2024.

Debat calon gubernur dan calon wakil gubernur kali ini akan dilaksanakan di Beach City International Stadium (BCIS), Jakarta Utara, pada Minggu (27/10/2024).

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta, Astri Megatari, mengatakan terdapat tujuh kelompok masyarakat yang ikut menyusun pertanyaan bersama dengan para panelis.

"Jadi partisipasi masyarakat ini kami hadirkan perwakilan-perwakilan dari masyarakat yang nantinya akan menyampaikan kepada panelis," kata Astri kepada wartawan di BCIS Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (26/10/2024).

Astri berujar, hal ini dilakukan untuk memperkaya materi bagi panelis dalam menyusun pertanyaan debat.

"Ada dari nelayan, ada dari masyarakat miskin Jakarta, kemudian juga ada dari ibu-ibu, gitu kan. Itu untuk menyampaikan aspirasi mereka dan kondisi riil yang ada di lapangan," ujar Astri.

"(Agar) para panelis ini dapat menggali lebih dalam isu-isu terkait ekonomi dan kesejahteraan sosial langsung dari masyarakat yang merasakan," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, ekonomi dan kesejahteraan sosial menjadi tema debat kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 yang berlangsung di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024) pukul 19.00 WIB.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Wahyu Dinata, menjelaskan bahwa tema ini terdiri dari enam subtema, yaitu infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan, penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, pariwisata dan ekonomi kreatif, serta inflasi bahan pokok. Ia menyampaikan, para panelis adalah pakar atau ahli di bidangnya masing-masing sesuai tema debat nanti.

“KPU menetapkan ketujuh panelis yang berasal dari berbagai bidang keilmuan yang relevan untuk tema debat kedua nanti,” ujarnya yang dikutip dari laman Berita Jakarta pada Sabtu (26/10/2024).

Wahyu menyampaikan bahwa segmen debat sama dengan debat pertama. Segmen 1 adalah penyampaian visi misi program masing-masing pasangan calon, segmen 2 dan 3 yaitu pendalaman visi misi oleh moderator.

Segmen 4 dan 5 adalah tanya jawab antarpaslon, dan segmen 6 adalah penyampaian pernyataan penutup masing-masing paslon.

“Pelaksanaan debat berlangsung selama 150 menit dan juga ditayangkan di sejumlah stasiun televisi penyelenggara debat,” ucapnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: