Ridwan Kamil Janjikan Promosi Dua Produk UMKM Setiap Hari di Instagram

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 27 Oktober 2024 | 21:12 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), berjanji akan mempromosikan dua produk UMKM di akun Instagram resminya setiap hari setelah memenangkan Pilgub 2024.

Pernyataan ini disampaikan RK saat debat kedua yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta di Beach City Internasional Stadium (BCIS), Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024), ketika menjawab pertanyaan mengenai langkah keberpihakan terhadap program ekonomi kreatif di Jakarta.

"Saya akan membantu secara pribadi. Saya dulu mempromosikan dua produk setiap hari di IG story saya kepada 27 juta followers di media sosial," kata RK dalam debat.

Selain itu, RK juga akan mengawasi pusat perbelanjaan di Jakarta agar mematuhi aturan bahwa 30 persen dari barang yang dijual harus merupakan produk UMKM.

"Yang ketiga, kita akan mendorong shopping mall di Jakarta agar dalam kendali gubernur kewajiban 30 persen toko-tokonya memamerkan produk-produk UMKM dipatuhi. Jika melanggar, kita bisa memberikan sanksi," ujar RK.

Selanjutnya, RK juga akan mendorong UMKM untuk go digital agar dapat berjualan secara daring. Dia juga berencana mengadakan festival-festival agar pasar di Jakarta tidak sepi pengunjung.

"Pasar-pasar yang sepi akan kita aktifkan dengan anggaran APBD agar ramai, dengan banyak festival, sambil melatih para pedagang dengan pelatihan digital. Data menunjukkan bahwa setiap pedagang yang berjualan secara digital pendapatannya naik 26 persen," jelas RK.

"Nah, inilah yang harus kita dorong karena Jakarta adalah kota UMKM, hampir 98 persen bisnisnya adalah bisnis UMKM," tambahnya menandaskan.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: