Si Doel Angkat Suara soal Kebijakan Terkait Pembatasan Wisatawan Masuk Baduy

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 27 Oktober 2024 | 21:13 WIB
Si Doel batasi wisatawan ke Baduy (Foto/Youtube Provinsi DKI)
Si Doel batasi wisatawan ke Baduy (Foto/Youtube Provinsi DKI)

BeritaNasional.com - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024 Rano Karno (Si Doel) angkat suara terkait kebijakannya yang memperbolehkan banyak wisatawan masuk ke Baduy kala menjabat gubernur Banten.

Menurutnya, hal tersebut karena masyarakat Indonesia sangat tertarik dengan Seba Baduy. Meski demikian, ia mengaku berusaha membatasi hal itu agar orang Baduy dalam tetap nyaman.

“Tapi memang saya membatasi karena permintaan masyarakat Baduy itu sendiri,” ujar Si Doel di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024).

Doel mengatakan, terdapat banyak perbedaan antara orang Baduy dalam dan luar dari segi kebudayaan.

“Mereka menolak BTS supaya HP tidak masuk ke kampung mereka, tapi anak Baduy luar punya HP,” tuturnya.

Selain itu, orang Baduy luar juga berpendidikan meski di sana tidak ada sekolah. Menurutnya, hal tersebut membuat ia ingin tetap mengembangkan Baduy tanpa merusak budayanya.

“Itu harus dijaga. Masyarakat baduy adalah masyarakat Indonesia yang tidak bisa kita pungkiri, mereka mempunyai kebudayaan yang luhur,” kata dia.

Sebagai gubernur Banten, Doel mengatakan saat itu ia hanya ingin memberikan fasilitas untuk membantu masyarakat Baduy saja.

“Dengan ini masyarakat Baduy dikenal lebih luas, itu memang membuat mereka tiba-tiba ketakutan karena jumlah kunjungan wisata di sana membludak kembali lagi saya tidak menolak, tapi memang saya membatasi,” tandasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: