Hewan, Hewan Apa yang Makan Batu? Ayam

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Selasa, 29 Oktober 2024 | 03:30 WIB
Ayam (BeritaNasional/Freepik)
Ayam (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Mungkin selama ini kita hanya tahu ayam hanya memakan gabah atau makanan lainnya yang memang merupakan makanan seperti nasi salah satunya. Tapi tahukah bahwa ayam juga gemar memakan kerikil? Ini dia jawabnya mengapa ayam suka makan batu krikil.

Ayam merupakan hewan yang menyukai biji-bijian, seperti jagung dan beras. Meski tidak memiliki gigi tapi ayam doyan makanan keras. Ampela yang dimiliki ayam ternyata berfungsi untuk menghancurkan biji yang sudah ditelan.

Berkat ampela, biji-bijian yang keras itu bisa hancur dan dicerna oleh pencernaan ayam. Tapi terkadang ampela tidak bisa menghancurkan biji yang ditelan itu dengan alasan tertentu. Ampela pun memerlukan bantuan yakni kerikil.

Dengan bantuan kerikil, biji-bijian itu bisa hancur lebih mudah. Ayam makan kerikil supaya biji-bijian yang mereka makan bisa lebih halus, saat diremas ampela.

Semakin halus biji-bijian yang mereka makan, semakin banyak pula zat makanan yang bisa diserap tubuh ayam.

Semakin banyak zat yang diserap, maka tubuh ayam akan semakin gemuk dan sehat.

Tahu Waktunya

Ayam tidak makan kerikil terus menerus. Mereka tahu kapan harus makan kerikil. Saat ampelanya punya banyak kerikil, ayam tidak akan makan kerikil.
Namun, saat kerikil di ampelanya berkurang, ayam akan mulai makan kerikil lagi.
Kerikil yang dimakan ayam suka terbawa keluar dengan kotorannya.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: