Polri: Situasi Jelang Pengumuman Hasil Pemilu Aman dan Kondusif

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 18 Maret 2024 | 20:17 WIB
Ilustrasi rapat pleno KPU. (tangkapan layar YouTube KPU)
Ilustrasi rapat pleno KPU. (tangkapan layar YouTube KPU)

Indonesiaglobe.id - Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran menyatakan situasi masyarakat jelang pengumuman hasil Pemilu 2024 aman dan kondusif.  Hal itu dikatakan Fadil saat melakukan kunjungan ke Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2024).

“Situasi sampai dengan saat berdasarkan laporam yang kami terima dari jajaran, alhamdulillah situasi kondusif, situasi aman,” kata Fadil di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Fadil menjelaskan, sekarang ini aparat Kepolisian terus disiagakan menjelang pengumuman hingga rangkaian sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini, berkaca dari pengalaman yang terjadi di tahun 2019 lalu.

Bahkan, mantan Kapolda Metro Jaya ini mengimbau kepada semua pihak untuk dapat bersatu dan menyelesaikan sengketa melalui PHPU di MK. Dengan harapan, jalannya Pemilu 2024 bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Yang kedua pengalaman tahun 2019 menjadi pelajaran buat kita semua bahwa kita semua harus bersatu menerima apa yang telah menjadi pilihan masyarakat, pilihan rakyat sehingga dalam hal yang terkait dengan sengketa kepemiluan ada jalur-jalur penyelesaian sengketa melalui PHPU di MK,” jelas Fadil.

Selain itu, Fadil mengutarakan pihaknya sedang menyusun rencana pengamanan saat mengawal sengketa Pemilu yang ada di MK.

“Oleh sebab itu kami juga sudah menyusun rencana pengamaman untuk mengawal, mengamankan jalannya rangkaian sidang yang akan dijalankan di Mahkamah Konstitusi terkait dengan sengketa hasil Pemilu,” tandasnya.sinpo

Komentar: