Ini Alasan Golkar Minta Jatah 5 Kursi Kabinet

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 19 Maret 2024 | 04:00 WIB
Ilustrasi Partai Golkar (Foto/Instagram Golkar)
Ilustrasi Partai Golkar (Foto/Instagram Golkar)

Indonesiaglobe.id - Ketua DPP Golkar, Firman Soebagyo, menjelaskan alasan partai berlambang pohon beringin yang meminta jatah lima kursi kabinet.

Salah satunya adalah Calon Wakil Presiden (Cawapres), Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan sosok yang diusulkan Golkar.

"Namun tentunya kami dari Fraksi Golkar kenapa ada mungkin pertimbangan-pertimbangan itu, pertama memang Golkar ini kemarin dalam prosesnya mencalonkan juga, salah satunya yang menjadi poin kemenangan ini Mas Gibran diusung oleh Golkar," ujar Firman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Dukungan Golkar kepada pasangan Prabowo-Gibran saat Pemilu 2024 juga cukup besar. Bersamaan dengan itu, kursi Golkar di DPR bertambah dan salah satu yang terbesar.

"Dan kemudian juga hasil survei sendiri dukungan dari partai kita kepada Pak Prabowo-Mas Gibran ini kan cukup besar, dan alhamdulillah untuk nanti ke depan di legislatif ini kan Golkar mendapatkan posisi kursi yang cukup signifikan perubahannya," kata Firman.

Karena hitungan politik itu, Golkar merasa wajar untuk meminta jumlah kursi kabinet yang cukup besar.

Mana saja kursi yang diincar, akan diputuskan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. 

Nantinya akan dibahas bersama Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih.

"Belum, belum ada, belum ada sampai ke situ. Kita serahkan kepada ketua umum, karena yang seperti ini kalau dibicarakan secara luas juga malah akan bias, tapi kita serahkan kepada ketua umum," tandas Firmansinpo

Komentar: