Parah, UNRWA Dilarang Masuk Gaza oleh Israel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 20 Maret 2024 | 04:00 WIB
Kondisi Gaza saat ini  (Foto/Gaza Now)
Kondisi Gaza saat ini (Foto/Gaza Now)

Indonesiaglobe.id - Komisaris Jenderal Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengurusi pengungsi Palestina, UNRWA, Philippe Lazzarini mengatakan, kelaparan melanda Gaza saat ini. Namun otoritas Israel menolak dirinya memasuki Gaza.

“Kelaparan akan segera terjadi di Jalur Gaza utara, diperkirakan antara saat ini sampai Mei,” kata Lazzarini di platform X.

Seluruh penduduk Gaza yang berjumlah 2 juta orang sedang menghadapi krisis kerawanan pangan atau bahkan lebih buruk lagi, katanya.

“Sebagian penduduk sudah kehabisan persediaan makanan dan kemampuan untuk bertahan. Mereka sedang berjuang melawan bencana kelaparan (IPC Fase 5) dan kelaparan,” ujarnya.

Dikutip dari Antara, ini jumlah tertinggi orang-orang yang pernah tercatat menghadapi bencana kelaparan menurut sistem IPC dan jumlah itu naik dua kali lipat tiga bulan lalu, kata Lazzarini.

Sebelumnya UNICEF telah memperingatkan bahwa jumlah anak di bawah dua tahun yang mengalami malnutrisi akut naik dua kali lipat dalam sebulan.

“Anak-anak saat ini hampir kehilangan nyawa akibat dehidrasi dan kelaparan.”

Lazzarini menekankan bahwa sejauh ini UNRWA telah mendominasi semua organisasi kemanusiaan di Gaza.

“Kunjungan saya hari ini untuk mengoordinasikan dan meningkatkan penanggulangan kemanusiaan,” kata kepala badan PBB itu.

Menurutnya, kelaparan akibat ulah Israel saat ini menodai kemanusiaan secara kolektif.sinpo

Komentar: