Pemprov DKI Bakal Bangun Food Estate di Kepulauan Seribu

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 20 Maret 2024 | 14:27 WIB
Ilustrasi bahan makanan. (Foto/Freepik)
Ilustrasi bahan makanan. (Foto/Freepik)

Indonesiaglobe.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengungkapkan pihaknya bakal mengembangkan lumbung pangan alias food estate di Kepulauan Seribu pada 2025 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Heru saat membuka Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 untuk Kepulauan Seribu pada Selasa (19/3/2024) kemarin.

Heru berujar, food estate ini dibangun untuk menjaga ketahanan pangan Provinsi DKI Jakarta. 

Sebab, Kepulauan Seribu merupakan wilayah perairan yang kaya akan hasil laut seperti ikan, rumput laut, ganggang dan lain sebagainya. 

"Kita melihat kebutuhan bahan pokok semakin berkurang di dunia. Maka pada 2025 dan seterusnya memang harus dipikirkan Kepulauan Seribu menjadi lumbung pangan bagi masyarakat DKI Jakarta,” kata Heru, dikutip dari keterangan resminya, Rabu (30/3/2024).

Untuk merealisasikannya, Heru menjelaskan perlu dilakukan sinergi bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menjaga dan mengembangkan Kabupaten Kepulauan Seribu menjadi kawasan yang lebih bersih dan tertata. 

"Pemprov DKI Jakarta akan terus berupaya meningkatkan sinergi dan menyelesaikan berbagai tantangan tersebut melalui Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ)," ucap Heru.

Lebih lanjut, Heru mengungkapkan empat isu yang dituangkan dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025. 

Isu itu adalah peningkatan kualitas lingkungan dan infrastruktur, akselerasi pertumbuhan ekonomi, tata kelola pemerintah yang adaptif, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya harapan saya, bupati dan jajarannya, bersama tokoh masyarakat dan seluruh pengusaha yang bergerak di lingkungan pariwisata Kepulauan Seribu, dapat mendukung hal ini untuk mewujudkan masyarakat Kepulauan Seribu yang sejahtera," kata Heru.

"Semoga apa yang kita ikhtiarkan dapat menjadi sukses untuk Jakarta dan berdampak bagi masyarakat Kepulauan Seribu dan bagi masyarakat Indonesia,” tandasnya. sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: