PDIP Buka Peluang Koalisi dengan Gerindra Usung Khofifah di Pilgub Jatim

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 02 April 2024 | 05:02 WIB
Khofifah Indar Parawansa. (Foto/instagram/Khofifah.ip)
Khofifah Indar Parawansa. (Foto/instagram/Khofifah.ip)

Indonesiaglobe.id - PDI Perjuangan membuka peluang untuk mengusung Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jawa Timur 2024. Karena itu, PDIP terbuka koalisi dengan Partai Gerindra di Pilgub Jawa Timur.

"Komunikasi-komunikasi politik memang dilakukan untuk menghasilkan calon-calon pemimpin yang terbaik, termasuk di Jatim, berkomunikasi dengan Mbak Khofifah. Apapun beliau, seorang gubernur Jatim," ujar Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Menteng, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Hasto mengatakan, membuka peluang kerjasama dengan Gerindra itu berbeda konteks dengan Pilpres. Lingkup pilkada dan pilpres berbeda, sehingga kerjasama PDIP dengan partai-partai pendukung Prabowo-Gibran di pilkada masih terbuka.

Termasuk dengan Partai Gerindra yang sudah lebih dulu memberikan tiket kepada Khofifah untuk maju kembali sebagai calon gubernur Jawa Timur.

"Karena pilkada itu perspektifnya lebih ke lokal. Sehingga kerjasama memang dimungkinkan dengan Gerindra, Golkar, PPP, Perindo, Hanura, karena jangan lupa PPP, Perindo, Hanura juga banyak kursi di tingkat provinsi dan kabupaten kota," jelas Hasto.

Hasto pun mengungkap komunikasi dengan Gerindra tidak ada halangan. Bahkan peluang Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto terbuka. Hanya saja saat ini pihaknya masih fokus urusan sengketa di Mahkamah Konstitusi.

"Tentang pertemuan antara Pak Prabowo dan Ibu Mega, saya sudah berulang kali menyampaikan kepada pers bahwa tidak ada persoalan secara pribadi, tapi skala prioritas saat ini bagi PDI Perjuangan adalah melakukan berbagai upaya-upaya hukum dan politik dan kemudian komunikasi tetap dilakukan dengan baik," ujar Hasto.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: