BMKG Prediksi Hujan Intensitas Sedang saat Arus Mudik Lebaran

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 02 April 2024 | 20:20 WIB
Warga melintasi banjir di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta, Selasa (26/3/2024).(Indonesiaglobe/Oke Atmaja)
Warga melintasi banjir di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta, Selasa (26/3/2024).(Indonesiaglobe/Oke Atmaja)

Indonesiaglobe.id - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan prakiraan cuaca pada masa mudik. Diperkirakan, terjadi hujan dengan intensitas sedang ketika masa arus mudik pada 3-9 April 2024.

"Mulai 3 hingga 9 April yaitu sepekan sebelum Lebaran. Yang perlu, diwaspadai adalah hujan dengan intensitas sedang," ujar Dwikorita.

Hal tersebut dikatakannya saat rapat kerja dengan Komisi V DPR membahas persiapan mudik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Wilayah yang akan terjadi hujan dengan intensitas sedang adalah Jawa Barat, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Karena itu, pihaknya mengingatkan adanya potensi genangan. Khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

"Hujan intensitas sedang itu pun dapat menimbulkan permasalahan banjir ataupun genangan. Karena memang kondisi alamnya atau di situ juga ada pertemuan sungai yang mengakibatkan lebih sensitif alami banjir meskipun tidak hujan lebat," jelas Dwikorita.

Pada saat Hari Raya Lebaran 2024 juga diprediksi bakal terjadi hujan. Khususnya di wilayah Indonesia Bagian Timur.

"Kalimantan Barat, Papua bagian Barat itu saat Lebaran pada 10 sampai 16 April itu sekitar menjelang Lebaran. Kemudian, sepekan setelah Lebaran 17 hingga 23 April. Sekali lagi Kalimantan Barat ini intensitas sedang. Kemudian, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat," papar Dwikorita.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: