Hotman Paris: Kesaksian 4 Menteri di MK Tepis Anggapan Miring soal Bansos

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 05 April 2024 | 20:39 WIB
Empat menteri Kabinet Presiden Joko Widodo di sidang MK. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Empat menteri Kabinet Presiden Joko Widodo di sidang MK. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Anggota Tim Hukum Prabowo-Gibran, Hotman Paris menilai kehadiran empat menteri Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Persidangan Sengketa Hasil Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi, bisa menepis anggapan miring soal bantuan sosial (Bansos).

“Kehadiran empat menteri semakin membuktikan karena kan tadi Menteri Keuangan sudah mengatakan APBN dengan angka yang segitu besar sudah ada jauh sebelum pencalonan Prabowo-Gibran,” kata Hotman di gedung MK, Jakarta, Jumat (5/5/2024).

Dikatakan Hotman, pendapat Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini juga menjelaskan secara rinci ihwal Bansos. Di mana, Bansos pada tahun 2024 tidak mengalami kenaikan. Justru, kata dia, yang mengalami kenaikan adalah Perlindungan Sosial (Perlinsos).

“Justru yang naik itu adalah Perlinsos yang minyak, pupuk, BPJS yang itu semua tidak bentuk cash. Jadi bukan bahwa bansos naik dipakai Jokowi untuk membeli suara pemilu adalah fitnah-fitnah pepesan kosong belaka,” jelas Hotman.

Seperti diketahui, empat menteri kabinet Presiden Joko Widodo hadir dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU). Mereka adalah Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, dan Mensos Tri Rismaharini.

"Agenda persidangan dari Mahkamah pada pagi hari ini adalah untuk mendengarkan keterangan dari empat kementerian tadi," ujar Ketua MK Suhartoyo saat sidang PHPU di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (5/4/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: