Lebih dari 80% Pemudik akan Padati Daerah Jawa

Oleh: Imantoko Kurniadi
Senin, 08 April 2024 | 11:00 WIB
Suasana mudik. (Foto/Jasa Marga)
Suasana mudik. (Foto/Jasa Marga)

BeritaNasional.com - Jelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Muslim di Indonesia semakin sibuk mempersiapkan diri untuk pulang kampung serta berbagai aktivitas sosial. 

Berdasarkan laporan Populix bertajuk “Insights into Indonesia’s Eid Al-Fitr Homecoming and Social Activities” lebih dari 50% responden memulai persiapan untuk Hari Raya Idul Fitri selama Minggu ketiga dan keempat Ramadhan, menekankan pendekatan proaktif untuk memastikan semua persiapan yang diperlukan telah dilakukan jauh sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Jelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Muslim di Indonesia memiliki tradisi sendiri dalam melaksanakan kegiatan selama bulan Ramadhan, salah satunya adalah perjalanan mudik Lebaran," kata  Timothy Astandu, CEO & Co-Founder Populix, dikutip dari keteranganya, Senin (8/4/2024).

Pada laporan ini tercatat, lebih dari 80% responden akan melakukan perjalanan mudik Lebaran, dengan mayoritas destinasi terdapat di provinsi Jawa

Sedangkan sebanyak 62% umat Muslim berencana untuk pulang kampung selama liburan Idul Fitri. 

Terdapat dua alasan utama untuk melakukan mudik ini yaitu kegiatan rutin tahunan (56%) dan juga rindu dengan kampung halaman (52%). 

Di sisi lain, beberapa orang memilih untuk tidak melakukan pulang kampung (38%) karena tidak memiliki keluarga di kampung halaman mereka.

Terlihat bahwa ada kecenderungan dalam pola perjalanan saat orang pulang ke kampung halaman dan kembali ke kota selama liburan Idul Fitri. 

Menurut data Populix tiga hingga tujuh hari sebelum lebaran menjadi puncak arus mudik, sedangkan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada hari ketiga dan ketujuh setelah lebaran. sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: