Presiden Israel: Serangan Iran Pernyataan Perang

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 16 April 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi Iran menyerang Israel (Foto/Tehran Times)
Ilustrasi Iran menyerang Israel (Foto/Tehran Times)

BeritaNasional.com - Presiden Israel Isaac Herzog menyatakan, serangan rudal dan pesawat nirawak Iran ke negaranya pada Minggu (14/4/2024) dapat dianggap sebagai "pernyataan perang". Meski demikian, Herzog menegaskan bahwa pihaknya akan menahan diri untuk menyerang Iran.

"Ini seperti perang sungguhan. Maksudnya, ini merupakan pernyataan perang," kata Herzog kepada media Inggris Sky News.

Dikutip dari Antara, terkait bagaimana Israel akan merespons serangan Iran, Herzog mengatakan, Israel akan mempertimbangkan semua dampak yang berpotensi terjadi saat membahas opsi-opsi yang ada bersama mitra.

"Karena kami bisa menahan diri, karena kami tahu (tindakan kami) pasti ada akibatnya, dan karena kami tengah berdiskusi dengan mitra-mitra kami," ucap Herzog.

"Kami tengah mempertimbangkan semua opsi, dan saya cukup yakin kami akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi dan membela rakyat kami," kata dia menambahkan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Israel Lior Haiat mengatakan, serangan Iran membuktikan bahwa negara tersebut adalah ancaman terbesar bagi stabilitas kawasan dan tatanan dunia.

Meskipun fakta di lapangan menunjukkan Israel yang merupakan ancaman bagi stabilitas di Timur Tengah dengan pembantaiannya yang dilakukan terhadap warga Gaza termasuk anak-anak. Selain itu Israel juga tak peduli dengan peringatan PBB dan terus melakukan aksi genosida.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: