Jangan Abaikan, Diabetes Bisa Sebabkan Gangguan Penglihatan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 19 April 2024 | 09:00 WIB
Diabetes bisa sebabkan gangguan mata (Foto/Book an eye test)
Diabetes bisa sebabkan gangguan mata (Foto/Book an eye test)

BeritaNasional.com - Dokter dari Rumah Sakit Mata Cicendo dr. Made Indra Widyanatha menjelaskan bahaya diabetes yang tidak terkontrol. Diabetes yang tidak terkontrol bisa menyebabkan gangguan penglihatan, misalnya katarak, bahkan kebutaan, apabila tidak ditangani secara baik.

Dokter Made mengatakan, ada tiga besar komplikasi akibat diabetes yaitu gangguan neurologi, gangguan urologi, serta gangguan mata.   

"Bisa dari mulai gangguan di kataraknya. Selain itu diabetes juga bisa menyebabkan glaukoma. Diabetes juga bisa menyebabkan gangguan di syaraf mata," jelasnya.

Dokter Made menambahkan, pada fase-fase awal, pasien tidak mengeluhkan apapun. Namun saat ada gangguan mata yang cukup berat, baru mereka merasakan penglihatan yang buram.

Guna menghindari hal tersebut, katanya, maka gula darah perlu dikontrol agar diabetes tersebut tidak berdampak pada penglihatan. Oleh sebab itu, kata Made, penyakit tersebut perlu diketahui secara dini, agar dapat dicegah atau ditangani secara lebih baik.

"Kalau teman-teman tidak mengendalikan gula darahnya bertahun-tahun, misalnya, 'saya males minum obat, males olahraga, tidak mau saya mengendalikan makannya'. Gula darah yang tidak terkontrol bertahun-tahun, retinanya juga bisa terjadi gangguan," katanya.

Dokter Made menilai, apabila dibiarkan, maka dampak gangguan penglihatan akibat diabetes bisa parah. Sebagai contoh, katanya, katarak yang umumnya muncul pada usia 50-55 ternyata muncul lebih awal, atau kalaupun muncul pada rentang umur tersebut, kataraknya lebih tebal.

Dia menjelaskan, terdapat dua jenis diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes tipe satu, katanya, tidak perlu langsung ke dokter mata kalau tidak ada keluhan, dan dapat ditunda beberapa bulan atau setahun.

Dikutip dari Antara, pada penderita diabetes tipe 2, katanya, harus segera memeriksakan matanya setelah didiagnosis terkena penyakit itu, karena penyakit tersebut sudah bulanan atau tahunan diidap sehingga ada proses penurunan selama itu, namun baru diketahui.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: