Koalisi Pemerintahan Prabowo-Gibran Diprediksi 'Gemuk', Pengamat: PDIP Akan Bergabung

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 21 April 2024 | 22:00 WIB
Prabowo Subianto. (Foto/Instagram: Prabowo)
Prabowo Subianto. (Foto/Instagram: Prabowo)

BeritaNasional.com - Pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta, Zaki Mubarak, melihat sinyal koalisi 'gemuk' dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

Menurut dia, semua partai politik berpotensi masuk ke dalam koalisi Prabowo, meskipun sempat bertarung dalam Pilpres 2024.

“Sinyal yang jelas, Partai NasDem dan PPP akan gabung ke pemerintahan. PKB dan PKS juga intens melakukan pendekatan,” ujar Zaki kepada beritanasional.com, Minggu (21/4/2024).

Tak hanya itu, Zaki juga menduga PDIP akan bergabung. Dengan begitu, semua partai akan terakomodasi dan kabinet persatuan yang melibatkan semua partai politik menjadi gemuk.

“Bahkan sudah beredar luas soal isu Partai NasDem dan PKS dijanjikan dua kursi menteri. PDIP faksi Puan Maharani juga mendorong untuk bergabung dengan pemerintahan,” tuturnya.

Meski demikian, Zaki menganggap oposisi tetap diperlukan dalam pemerintahan agar demokrasi tetap terjaga. Menurutnya, demokrasi akan kuat jika ada oposisi yang berwibawa. 

“Jadi, jangan sampai oposisi diberangus. Saya berharap parpol pengusung kubu 01 dan 03 sebaiknya istiqomah dijalur oposisi. Menjadi penyeimbang dan pengawas pemerintahan baru,” tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: