SYL Gunakan Anggaran Kementan untuk Bayar Biduan hingga Sunatan Cucu

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 30 April 2024 | 09:25 WIB
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto/Instagram: SYL)
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto/Instagram: SYL)

BeritaNasional.com - Anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) yang digunakan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk kepentingan pribadi, terungkap dalam sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat.

Hal itu disampaikan langsung Pejabat Fungsional Barang Jasa Rumah Tangga Kementan Arief Sopian, Staf Biro Umum Pengadaan Kementan Muhammad Yunus, Mantan Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum Pengadaan Kementan Abdul Hafidh, saat ditanya majelis hakim. 

Dalam catatannya, Arief mengaku Kementan pernah mengeluarkan uang untuk biaya entertain dengan menyewa biduan di acara yang digelar SYL senilai Rp50-100 juta. 

Arief juga mengungkap SYL sempat menyewa jebolan Rising Star Idol bernama Nayunda.

"Kadang kan ketika ada acara terus panggil penyanyi, gitu ya. Ada biduan lah, nah itulah yang kita harus bayarkan. (Nayunda) satu kali," ujar Arief.

Yunus juga mengungkapkan anggaran uang Kementan pernah dipakai SYL dan istrinya Ayunsri Harahap untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

"(Untuk pembelian) Kacamata Pak menteri, untuk Ibu juga pernah. Biasa setiap hari itu ada Rp3 juta kurang lebih untuk kebutuhan harian di rumah dinas (membeli) makanan online-online gitu. Kadang juga laundry begitu," tutur Yunus.

Selain itu, Hafidh mengungkap anggaran Kementan juga digunakan membiayai sunatan cucu dari Kemal Redindo (anak SYL)

"(Sunatan) anaknya Yang Mulia," kata Hafidh.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: