Jimly Asshiddiqie Minta Tokoh Nasional Turunkan Suhu Politik Usai Pemilu

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 01 Mei 2024 | 22:38 WIB
Ketua Dewan Penasihat ICMI, Jimly Asshiddiqie. (Foto/Instagram: Jimly)
Ketua Dewan Penasihat ICMI, Jimly Asshiddiqie. (Foto/Instagram: Jimly)

BeritaNasional.com - Ketua Dewan Penasihat Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie, meminta tokoh-tokoh nasional untuk membantu menurunkan suhu politik usai pemilu. 

Semua pihak diminta untuk melupakan perbedaan saat pemilu. "Kita lupakan dulu perbedaan kemarin. Biar saja orang lain di masyarakat di medsos udah enggak usah dilarang, tapi tokoh-tokoh yang berpengaruh sebaiknya mulai menurunkan suhu," kata Jimly saat halalbihalal ICMI di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Jimly bersyukur seluruh partai politik sudah memberikan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih. Menurut anggota DPD RI ini, hal tersebut bisa menurunkan tensi masyarakat di bawah.

"Nah, Alhamdulillah sekarang semua partai ini sudah ya saling memberi selamat gitu, walaupun berbeda haluan tadinya," katanya.

"Jadi artinya mudah-mudahan masyarakat kita yang di bawah, di lapangan itu reda emosinya. Coba kalau enggak waduh ya kan, Masih emosinya luar biasa, dan ini itu merusak kohesivitas kita berbangsa," sambungnya.

Karena itu, Jimly meminta agar semua pihak termasuk pejabat untuk tidak memperkeruh keadaan dengan memancing emosi di publik.

"Apalagi tidak semua orang pandai gitu bersikap merespons, kritik, dan kemarahan orang kadang-kadang kan dia emosi juga. Termasuk pejabat juga banyak yang emosi begitu lah jangan sampai ini memperkeruh keadaan," tutupnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: