Pemprov DKI Raih Terbaik Tiga PPD 2024, Jokowi Beri Langsung Piala Penghargaan

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 06 Mei 2024 | 23:00 WIB
Presiden Jokowi memberikan piala penghargaan kepada Pemprov DKI Jakarta. (Foto/Dokumentasi Berita Jakarta)
Presiden Jokowi memberikan piala penghargaan kepada Pemprov DKI Jakarta. (Foto/Dokumentasi Berita Jakarta)

BeritaNasional.com - Presiden Jokowi menyerahkan piala penghargaan secara langsung kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (6/5).

Penghargaan tersebut diberikan Jokowi bagi daerah yang menyusun perencanaan berkualitas dan mencapai target pembangunan daerah dengan baik.

Pemprov DKI Jakarta meraih terbaik tiga Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 kategori Provinsi Terbaik dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI.

Pemprov DKI Jakarta menerima penghargaan ini atas upayanya meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Heru Budi mengatakan penghargaan ini sebagai wujud komitmen Pemprov DKI agar terus menyusun perencanaan dan melaksanakan pembangunan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kota. 

Heru turut mengapresiasi seluruh jajaran yang telah bersinergi bersama dalam merancang strategi dan kebijakan untuk mendorong Jakarta sebagai kota berketahanan yang berdaya saing global dan mencapai sasaran pembangunan daerah yang mendukung pembangunan nasional.

“Sinkronisasi menjadi kunci dalam mewujudkan rencana kerja pemerintah pusat yang didukung pemerintah daerah. Sehingga pembangunan oleh pemerintah pusat dan daerah dapat dilakukan secara berkelanjutan dan hasilnya benar-benar bisa dirasakan rakyat,” ujarnya dalam siaran pers Pemprov DKI Jakarta.

Capaian hasil pembangunan Pemprov DKI Jakarta sepanjang 2023 berfokus dalam beberapa prioritas, seperti transportasi, penanggulangan banjir, penanganan stunting, kemiskinan, dan peningkatan indeks demokrasi. 

Dalam penilaian PPD 2024, Pemprov DKI Jakarta mengajukan program dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta yang berinovasi menghadirkan ’Gerai Memulai Usaha’.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menuturkan penilaian penghargaan pembangunan daerah tersebut terdiri dari dua tahap. 

Tahap pertama adalah penilaian dokumen perencanaan dan dokumen inovasi daerah. Tahap kedua dilakukan wawancara dan verifikasi melalui forum grup diskusi dan kunjungan lapangan.

“Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah bekerja dengan baik dalam pembangunan daerah,” kata Suharso.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: