Kejam, Demonstran Israel Buang Bantuan untuk Warga Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 14 Mei 2024 | 12:32 WIB
Warga Gaza butuh bantuan (Foto/UNRWA)
Warga Gaza butuh bantuan (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - Para demonstran Israel telah menghentikan konvoi bantuan kemanusiaan yang menuju Gaza di sebuah pos pemeriksaan antara Tepi Barat yang diduduki dan Israel. Beberapa video yang beredar di dunia maya menunjukkan bagaimana mereka membuang bantuan kemanusiaan itu dari truk-truk dan menghancurkannya. Perilaku demonstran Israel benar-benar tak beperikemanusiaan dan sangat kejam. 

Polisi mengatakan, pihaknya telah menangkap beberapa orang, tetapi tidak memberi rincian lebih jauh.

PBB mengatakan, hampir seluruh populasi Gaza bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup. Pembatasan yang diberlakukan Israel dan kini perang yang berkelanjutan telah menghambat upaya-upaya kemanusiaan, menimbulkan kelaparan akut di bagian utara.

Sohaib Al-Hams, Direktur Rumah Sakit Kuwait, salah satu pusat kesehatan yang masih berfungsi di Rafah mengatakan, staf medis dan warga yang tinggal di sekitar fasilitas itu telah diperintahkan untuk segera meninggalkan lokasi. 

"Evakuasi apapun di rumah sakit itu akan menimbulkan konsekuensi yang sangat buruk,” tambahnya.

Dikutip dari VOA, lembaga bantuan internasional Oxfam memperingatkan potensi perebakan wabah penyakit di Gaza setelah hancurnya infrastruktur air bersih dan sanitasi yang bernilai US$210 juta. Situasi tersebut diperparah dengan adanya pengungsian massal dan tibanya musim panas.

Dalam sebuah pernyataan, Oxfam mengatakan, “Staf kami di Gaza menggambarkan tumpukan kotoran manusia dan sungai limbah di jalan-jalan karena orang harus berpindah-pindah. Mereka juga melaporkan bahwa orang-orang terpaksa minum air kotor dan anak-anak digigit serangga yang berkerumun di sekitar saluran pembuangan limbah.”
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: