PDIP: Rakernas Bersifat Internal, Pesertanya Hanya Kader

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 16 Mei 2024 | 19:43 WIB
PDIP menggelar konferensi pers terkait Rakernas. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).
PDIP menggelar konferensi pers terkait Rakernas. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan tidak mengundang Presiden Joko Widodo dalam Rakernas V di Beach City Internasional Ancol, Jakarta pada 24-26 Mei 2024. Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengungkap apa alasan tidak mengundang Jokowi.

"Yang jelas presiden dan wakil presiden tidak diundang. Kenapa karena beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri," ujarnya saat konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Lebih lagi, acara Rakernas PDIP merupakan konsumsi untuk internal partai. Karena itu pesertanya adalah hanya kader-kader PDIP.

"Jadi ini hanya internal PDIP pesertanya internal PDIP," tegas Djarot.

PDI Perjuangan akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Beach City Internasional Ancol, Jakarta Utara, 24-26 Mei 2024. Agenda utama Rakernas adalah menetapkan sikap politik pada pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

"Rapat Kerja Nasional PDIP, yang diadakan tanggal 24-26 Mei akan datang tepatnya di Beach City Internasional Ancol, yang dekat dengan sirkuit Formula E," kata Djarot.

Rakernas akan mengambil Satyam Eva Jayate dengan sub tema Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya. 

Rakernas memiliki tiga agenda utama. Pertama, akan membahas sikap politik PDIP terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran lima tahun mendatang. Lalu program-program kerakyatan, dan strategi pemenangan Pilkada serentak 2024.

"Yang pertama tentang sikap dan posisi politik PDI Perjuangan, kedua tentang program program kerakyatan dan ketiga tentang strategi pemenangan pilkada serentak 2024," ujar Djarot.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: