Menlu Retno: Ada Upaya Sistematis untuk Hambat Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 18 Mei 2024 | 17:49 WIB
Kondisi warga Gaza memprihatinkan (Foto/UNRWA)
Kondisi warga Gaza memprihatinkan (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi meyakini ada upaya yang cukup sistematis untuk menghambat berbagai bantuan kemanusiaan yang akan dikirimkan untuk masyarakat Palestina yang berada di Gaza.

Hal tersebut disampaikan oleh Menlu Retno untuk merespons adanya perusakan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

“Kita sangat prihatin bahwa bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza dari waktu ke waktu terus dihambat, dan yang terakhir itu dirayah (dijarah) di depan aparat dari Israel. Jadi pembiaran ini terus dilakukan, dan saya yakin bahwa ini adalah upaya yang tersistematis. Upaya untuk terus menghambat bantuan kemanusiaan ke Gaza,” ungkap Menlu yang ditemui di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/5/2024).

Indonesia, kata Menlu Retno, mengutuk keras tindakan-tindakan yang sedianya selalu menghambat bantuan kemanusiaan tersebut, mengingat bantuan-bantuan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Gaza.

“Indonesia di dalam call, kita mengatakan seharusnya para pelaku itu ditindak dan ada upaya untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi. Bantuan kemanusiaan harus mendapatkan prioritas untuk dapat disalurkan tanpa hambatan,” tegasnya.

Dikutip dari VOA, Sabtu (18/5/2024), Pengamat Timur Tengah dari Universitas Indonesia (UI) Agung Nurwijoyo mengatakan, kejadian yang baru-baru ini terjadi menandakan bahwa Israel tidak memiliki komitmen yang kuat untuk menciptakan perdamaian.

Oleh karena itu, ujar dia, hal mendesak yang harus dilakukan adalah upaya peningkatan status Palestina sebagai negara yang berdaulat. Menurutnya, tindakan genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina ini terjadi karena di dalam meja perundingan tidak ada pihak yang setara, sehingga Israel menganggap pihak Palestina dalam hal ini Hamas bukanlah sebagai negara atau state.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: