Menang 3-0 atas Bali United, Persib Pastikan Langkah ke Final Championship Series Liga 1

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 18 Mei 2024 | 21:24 WIB
Momen gol Ciro Alves. (Foto/Persib)
Momen gol Ciro Alves. (Foto/Persib)

BeritaNasional.com - Persib Bandung sukses melangkahkan kakinya ke laga puncak atau final Championship Series Liga 1 musim 2023-2024 setelah menang 3-0 atas Bali United dalam semifinal leg kedua di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu, (18/5).

Dengan kemenangan meyakinkan ini, tim berjuluk Maung Bandung tersebut memperbesar keunggulan dengan agregat 4-1 setelah menahan imbang Bali United di kandangnya dengan skor 1-1 beberapa waktu lalu.

Persib sangat percaya diri tampil di hadapan puluhan ribu Bobotoh yang menyaksikan Ciro dkk berlaga.

Dua di antara tiga gol Persib di laga ini tercipta di babak pertama melalui sundulan Ciro Alves pada menit ke-31 dan Febri Hariyadi pada menit ke-39. Satu tambahan gol di babak kedua dicetak oleh Edo Febriansyah pada menit ke-70.

Di babak pertama, Bali United menyerang lebih dulu di menit-menit awal. Dalam tiga menit setelah kick-off, Serdadu Tridatu, julukan Bali United, sempat mengirimkan dua kali umpan silang dari sisi kiri pertahanan Persib. Namun semuanya masih bisa diantisipasi oleh pertahanan PERSIB.

Persib lebih sabar dan mendapatkan peluangnya setelah 10 menit laga berjalan. Sayang eksekusi tendangan penjuru Ciro tidak menemui teman dan berujung kartu kuning yang diterima Febri Hariyadi. 

Professional foul terpaksa dilakukan Febri demi menghentikan Irfan Jaya yang berusaha melancarkan serangan balik.

Pada menit ke-15, David da Silva sempat dijatuhkan di kotak penalti saat menerima umpan dari Febri. Namun, bukan saja wasit tak meniup peluit, Video Assistant Referee (VAR) juga tak memberi panggilannya. 

Ciro Alves menjadi pemain Persib pertama yang mendapatkan peluang. Namun, sundulannya memanfaatkan umpan Rezaldi Hehanusa pada menit ke-19 itu masih menyamping di sisi kanan gawang Bali.

Empat menit berselang, giliran Marc Klok, yang memberikan ancaman dari luar kotak. Bola tendangan kapten Persib di laga ini itu belum mengarah ke gawang.

Persib akhirnya memimpin 1-0 pada menit ke-30 melalui sundulan Ciro Alves. Berawal dari umpan tendangan sudut Marc yang diteruskan sundulan Nick Kuipers, Ciro langsung menyambar dan membelokkannya ke gawang Bali. 

Meski sempat diperiksa oleh VAR, gol tersebut tetap sah dan Persib memimpin agregat 2-1.

Gemuruh suara Bobotoh makin membahana pada menit ke-39 ketika Febri Hariyadi sukses memanfaatkan bola muntah dan menaklukkan Adilson Maringa. Persib unggul 2-0 dan agregat 3-1. 

Keunggulan dua gol di babak pertama membuat Persib memulai babak kedua dengan percaya diri dan bermain nyaman. 

Pelatih Persib Bojan Hodak ingin memberikan penyegaran di lini tengahnya. Memasuki menit ke-56, pelatih asal Kroasia itu memasukkan Rachmat Irianto sebagai pengganti dari Dedi Kusnandar.

Papan skor elektronik Si Jalak Harupat akhirnya menuliskan skor 3-0 untuk Persib di menit ke-70 manakala Edo Febriansyah menggetarkan gawang Bali. 

Kredit layak diberikan kepada David da Silva yang mampu mengecoh kiper dan membuat Edo tak terkawal di depan gawang yang kosong.

Tiga menit sebelum waktu normal usai, Bali mendapatkan gol melalui Ilija Spasojevic. Namun tak hanya dianulir hakim garis, gol itu juga tak disahkan oleh tim Video Assistan Referee (VAR).

Pergantian demi pergantian dilakukan Bojan Hodak dan Persib tetap keluar menyerang. 

Namun, hingga laga usai, skor 3-0 tak berubah. Persib menembus partai final dengan keunggulan agregat 4-1. 

Persib menunggu pemenang antara Borneo FC dan Madura United yang bertanding pada Minggu (19/5).sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: