PDIP Umumkan Sikap Politik saat Penutupan Rakernas V

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 22 Mei 2024 | 17:20 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto/PDIP)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto/PDIP)

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan sikap politik PDIP terhadap pemerintahan lima tahun ke depan bakal diumumkan dalam penutupan rakernas V pada Minggu (26/5/2024). 

Hal tersebut dilakukan setelah PDIP mendengar masukan selama penyelenggaraan rakernas V.

"Rakernas dengan seluruh dinamikanya akan mendengarkan suara-suara dari peserta rakernas. Di situlah sikap politik akan diumumkan pada saat penutupan rakernas partai," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Keputusan sikap politik itu diambil dengan merumuskan suara arus bawah yang akan disampaikan oleh DPD dan DPC PDIP.

"Di dalam pembahasan rapat pendahuluan, termasuk melibatkan DPC dan DPD partai dalam rangka rakernas kelima PDI Perjuangan memberikan kesempatan bagi DPC dan DPD untuk menangkap suara arus bawah," ujar Hasto.

"Suara anak ranting, ranting, PAC, dan DPC partai. Merekalah yang nanti dalam rapat kerja nasional ini memiliki kedaulatan penuh untuk menyampaikan aspirasi," sambungnya.

Rakernas V menjadi agenda PDIP untuk mengevaluasi penyelenggaraan pemilu, evaluasi internal partai, serta evaluasi sikap politik apakah bakal berada di dalam atau luar pemerintahan. Selain itu, konsolidasi agenda partai berikutnya, yaitu Kongres 2025.

"Apakah ada kejutan? PDI sebagai partai yang melembaga sehingga segala sesuatunya terencana dengan baik dan akar kekuatan PDIP yang didukung oleh kekuatan wong cilik, inilah yang justru terus-menerus digelorakan," kata Hasto.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: