PDIP Belum Dapat Tawaran Usung Anies di Pilkada Jakarta 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 22 Mei 2024 | 19:46 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan belum mendapat tawaran untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku belum ada komunikasi dengan PKB atau PKS yang terlihat tertarik untuk mengusung Anies sebagai calon gubernur Jakarta.

"Nama-nama yang disebutkan tadi belum melakukan komunikasi politik dengan DPP partai," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Hasto memahami ada upaya untuk mengusung Anies sebagai calon gubernur Jakarta dari partai yang menjadi kendaraan politik di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kemudian, PKB dan PKS karena memiliki emotional bonding di dalam kerja sama pilpres. Pada 2024, mereka tentu melakukan suatu langkah-langkah konsolidasi sebagaimana PDI Perjuangan lakukan," katanya.

PDIP masih mendengar aspirasi masyarakat Jakarta terkait siapa calon gubernur yang pantas memimpin. Hasto mencatat ada beberapa isu penting dan urgensi di Jakarta.

"DPP juga mendengarkan bagaimana harapan rakyat terkait daerah khusus ibu kota tersebut proses dan koneksi dengan wilayah-wilayah sekitar upaya untuk mengatasi pencemaran udara, membangun sistem transportasi publik yang nyaman, mengatasi berbagai persoalan lingkungan. Itu yang juga jadi concern dari DPP PDI Perjuangan," tegas Hasto.

Dalam rapat kerja nasional (rakernas) V mendatang, PDIP membahas strategi menghadapi Pilkada 2024. Salah satu hal yang dibahas adalah mengenai calon yang diusung.

"Tetapi, begitu rapat kerja nasional kelima dijalankan, semua bergerak cepat. Karena DPP juga sudah membentuk suatu tim khusus dalam kaitannya dengan pilkada serentak," ujar Hasto.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: