Siap Maju Pilkada, Sudirman Said: Gubernur Jakarta Bukan Tangga Pijakan Karir Politik Berikutnya

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 25 Mei 2024 | 10:00 WIB
Pilkada Jakarta akan dilaksanakan (Foto/Berita Jakarta)
Pilkada Jakarta akan dilaksanakan (Foto/Berita Jakarta)

BeritaNasional.com - Mantan Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan siap maju untuk menjadi calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Sudirman bicara pentingnya pemimpin Jakarta yang harus bisa bekerjasama dengan pemerintah pusat ketika tidak lagi menjadi ibukota.

"Jakarta akan mengalami transisi dari ibu kota menjadi kota global yang menjadi pusat ekonomi, pusat jasa, pusat kegiatan perekonomian maka sebaiknya gubernur Jakarta ke depan adalah pihak yang bisa bekerjasama dengan pemerintah pusat," kata Sudirman kepada wartawan, dikutip Sabtu (25/5/2024).

"Tidak elok kalau gubernur Jakarta itu berseberangan karena banyak sekali isu-isu transisi yang harus diselesaikan," sambungnya.

Karena itu, Sudirman memandang tidak boleh sosok yang menjadi gubernur Jakarta hanya menjadikan posisi tersebut sebagai tangga pijakan untuk karir politik berikutnya.

"Sebaiknya yang memimpin Jakarta itu pihak yang memang ingin fokus menyelesaikan masalah-masalah, bukan orang yang sedang nyari tangga untuk karir politik berikutnya, Jakarta jangan terus-terusan dijadikan sebagai ya batu pijak, batu loncatan," tegasnya.

Sudirman pun merasa tergerak menjadi gubernur Jakarta melihat kondisi 40 persen warganya masuk kategori miskin dan 22 persen masih tinggal di tempat kumuh.

"Itu artinya tantangan besar yang mesti dihadapi oleh pemimpin ke depan, nah oleh karena itu yang juga saya merasa, kalau ada kesempatan untuk berbuat sesuatu itulah yang menjadi perhatian kami, jadi mengangkat yang 40 persen terbawah," tegasnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: