Pengamat Duga Yusril Keluar PBB untuk Incar Menko Polhukam

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 25 Mei 2024 | 17:00 WIB
Yusril dalam sebuah kesempatan (Foto/Yusril)
Yusril dalam sebuah kesempatan (Foto/Yusril)

BeritaNasional.com - Pengamat Politik Universitas Al Azhar Ujang Komaruddin menduga eks Ketum PBB Yusril Ihza Mahenda meninggalkan partai untuk mengincar kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Hal itu dia ucapkan untuk menyoroti Pj Ketua Umum PBB Fahri Bachmid yang mengusulkan agar Yusril menjadi Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Kemananan (Menko Polhukam).

“Mungkin itu mundur jadi ketua umum PBB karena sedang mengincar kursi Menko Polhukam,” ujar Ujang kepada Beritanasional.com, Sabtu (25/5/2024).

Menurutnya, hal tersebut sangat wajar lantaran Yusril sudah membantu Prabowo dalam menangani perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ya itu wajar-wajar saja, namanya ingin mendapatkan posisi jabatan di pemerintahan atau di kabinet Akan tetapi semuanya kembali kepada Pak Prabowo,” tuturnya.

Ujang menilai Yusril tetap memiliki kesempatan sebesar 50 persen untuk mendapatkan jatah kursi Menko Polhukam meski ada banyak orang di dekat Prabowo. 

“Peluangnya 50 50 itu, bisa dipilih juga tidak. Semuanya bergantung kepada presiden terpilih,” kata dia.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: