PDIP Ajukan Sejumlah Syarat jika Ingin Bangun Kerja Sama Politik

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 26 Mei 2024 | 15:16 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto/PDIP).
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto/PDIP).

BeritaNasional.com - Rakernas V PDI Perjuangan menetapkan syarat untuk membangun kerjasama politik. Syarat itu adalah hanya membuka komunikasi politik dengan pihak yang memiliki komitmen tinggi dalam menjamin pelaksanaan agenda reformasi, supremasi hukum, sistem meritokrasi dan peningkatan kualitas demokrasi.

Hal itu merupakan poin keenam rekomendasi eksternal Rakernas V PDI Perjuangan. Ketua DPP PDIP Puan Maharani membacakan rekomendasi eksternal dalam penutupan Rakernas V di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Rakernas V merekomendasikan ketua umum PDIP untuk hanya bekerja sama dengan partai-partai politik yang memiliki syarat tersebut.

"Rakernas V Partai setelah mendengarkan suara arus bawah dari Anak Ranting Ranting hingga Pengurus Anak Cabang Partai, dan sebagai konsistensi sikap men|aga demokrasi, merekomendasikan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan untuk hanya melakukan kerjasama dan komunikasi politik dengan pihak-pihak yang memiliki komitmen tinggi di dalam menjamin pelaksanaan agenda reformasi, penguatan supremasi hukum, dan sistem meritokrasi, serta peningkatan kualitas demokrasi yang berkedaulatan rakyat guna peningkatan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat," ujar Puan.

Rakernas V PDIP juga mendorong seluruh elemen bangsa mewujudkan cita-cita reformasi, khususnya pelembagaan demokrasi yang berkedaulatan rakyat, pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) penguatan pers dan masyarakat sipil, supremasi hukum; pelembagaan partai politik penyelenggara Pemilu yang jurdil, dan menempatkan TNI dan POLRI agar semakin profesional.

"Dan memiliki kedudukan yang selaras sesuai dengan marwah dan sejarah pembentukannya; lugas, fungsi, dan kewenangannya sesuai UUD NRI tahun 1945," ucap Puan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: