Hasil Rekomendasi Rakernas, PDIP Dorong Penyelesaian IKN dengan Catatan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 26 Mei 2024 | 15:41 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto/PDIP).
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto/PDIP).

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan mendorong pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) diselesaikan. Hal itu menjadi hasil rekomendasi eksternal poin ke-14 Rakernas V yang dibacakan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

"Rakernas V Partai mendorong penyelesaian lbu Kota Nusantara (IKN)," ujar Puan dalam penutupan Rakernas V di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

PDIP memberikan catatan kepada pemerintah dalam membangun IKN perlu memperhatikan kemampuan keuangan negara, dan meminta menyelesaikan sengketa tanah adat dengan penuh rasa keadilan.

"Dengan memperhatikan kemampuan keuangan negara, dan mendesak pemerintah untuk menyelesaikan sengketa tanah adat dengan penuh rasa keadilan," kata Puan.

Putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini juga menyampaikan rekomendasi terkait ekonomi mengingatkan pemerintah agar melakukan kajian kebijakan investasi.

"Rakernas V Partai mendesak pemerintah untuk melakukan kajian yang  mendalam terhadap kebijakan kerjasama investasi guna menghindari kebijakan  pragmatis jangka pendek yang berpotensi mengorbankan kepentingan nasional, dan kedaulatan Indonesia," kata Puan. 

Rakernas juga merekomendasikan agar jajaran Tiga Pilar Partai untuk tetap menjalankan program-program kerakyatan. Dimana para kader diminta tetap berpihak pada buruh, petani, hingga nelayan. 

Hal itu dilakukan agar angka kemiskinan ekstrim bisa diperangi. Diharapkan angka kemiskinan ekstrim bisa menjadi 0 persen. 

Selain itu, Rakernas juga mendorong agar sejumlah program penting digalakkan. Mulai dari pencegahan stunting hingga program menanam 10 tanaman pendamping beras. Dan secara tegas, Rakernas V PDIP mendesak Pemerintah bekerja keras menyediakan pekerjaan. 

"Rakernas V Partai mendorong seluruh jajaran Tiga Pilar Partai untuk solid bergerak menjalankan program kerakyatan dengan meningkatkan keberpihakan kepada petani, nelayan, buruh, dan seluruh lapisan masyarakat lainnya guna memerangi kemiskinan ekstrim menjadi 0%, pencegahan stunting, menggalakkan  program menanam 10 tanaman pendamping beras, dan menyediakan pekerjaan yang layak bagi rakyat," tuturnya. 

Lebih lanjut, dalam rekomendasi ini Rakernas juga mendorong kader untuk mempercepat kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan para petani. 

"Rakernas V Partai mendorong Tiga Pilar Partai untuk mempercepat kedaulatan  pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani melalui Pokok-pokok Kebijakan  Kedaulatan Pangan Partai sebagaimana telah direkomendasikan pada Rakernas  IV Partai tahun 2023," ujar Puan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: