Saksi Beberkan Ada Grup WhatsApp ‘Saya Ganti Kalian’ saat SYL Jadi Mentan

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 28 Mei 2024 | 08:23 WIB
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Staff Protokol dan Sekretariat Menteri Pertanian Rininta Octarini mengungkap ada grup WhatsApp bernama 'Saya Ganti Kalian'.

Dalam sidang lanjutan kasus pemerasan dan gratifikasi, Rini mengaku grup tersebut sudah ada saat dia masuk ke Sekretariat Mentan.

"Saya Ganti Kalian," ujar Rini di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat, Senin (27/5/2024).

Menurutnya, eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta yang menjadi terdakwa dalam kasus tersebut juga tergabung dalam grup itu.

Meski demikian, dirinya mengaku tak mengerti apa maksud nama grup ‘Saya Ganti Kalian’ yang acap kali digunakan Hatta untuk memberi arahan dan teguran kepada staf sekretariat.

"Saya tidak tahu, ketika saya masuk di sekretariat sudah ada grup itu. Ada tim sekretariat Mentan, ada Pak Hatta, ada Ubed, ada ajudan," tuturnya.

Rini mengatakan arahan tersebut diberikan Hatta. Akan tetapi, dirinya mengaku Hatta tak pernah secara langsung mengatakan arahan tersebut disampaikan SYL.

Ia mengatakan Hatta juga acap kali memberi teguran apabila ada kesalahan jadwal pilihan penerbangan dan pemilihan hotel.

"Karena biasanya arahannya suka dari Pak Hatta ataupun dari Pak Menteri. Kalau secara langsung tidak," kata dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: