Terkuak! SYL Pernah Beli Bunga dan Kue untuk Biduan Nayunda Pakai Duit Kementan

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 28 Mei 2024 | 09:26 WIB
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Staff Protokol dan Sekretariat Menteri Pertanian Rininta Octarini mengatakan esk Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) pernah mengirim bunga dan kue untuk biduan bernama Nayunda Nabila.

Dalam sidang lanjutan kasus pemerasan dan gratifikasi, Rini mengaku bunga dan kue yang dikirimkan SYL menggunakan anggaran dari Rumah Tangga Pimpinan (RTP) Kementerian Pertanian (Kementan).

"Pernah (kirim karangan bunga dan kue). Pak menteri (yang mengirim). Saya mintakan ke RTP," di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat, Senin (27/5/2024).

Meski demikian, ia mengaku tak tahu apakah pengeluaran pembelian bunga serta kue untuk Nayunda itu dibuatkan surat pertanggungjawaban (SPJ) oleh RTP Kementan.

Rini juga mengaku tak ingat berapa anggaran yang diberikan RTP untuk membeli bunga dan kue. Namun, ia mengatakan kue dan karangan bunga itu diberikan saat Nayunda ulang tahun.

"Seingat saya ulang tahun Nayunda. Saya minta RTP yang mengkoordinasikan. Jadi nanti RTP ataupun florisnya yang mengirimkan langsung ke Nayunda sesuai dengan alamatnya," tuturnya.

Sebelumnya, Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan bakal memanggil Nayunda sebagai saksi untuk ditanya terkait aliran uang.

"Iya betul. Kami sudah menjadwalkan juga yang bersangkutan (Nayunda) selain keluarga dan partai,” ujar Jaksa KPK Meyer Simanjuntak.

Meyer menegaskan pihaknya membutuhkan keterangan Nayunda lantaran beberapa saksi menyebut namanya dalam persidangan.

“Kita lihat dan dengar sendiri bahwa aliran yang mengalir kepada yang bersangkutan. Nanti kita panggil sudah kita minta juga kepada staf untuk segera mengirimkan surat panggilan itu," tuturnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: