Peluang Ahok Maju di Pilgub Sumut, PDIP Sebut Tergantung Pemetaan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 28 Mei 2024 | 15:31 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024). (BeritaNasional/Ahda)
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024). (BeritaNasional/Ahda)

BeritaNasional.com - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat mengungkap peluang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara (Sumut). Kata dia, semua bergantung pada hasil pemetaan yang dilakukan PDIP di Sumut.

"Termasuk juga Pak Ahok, ya, kalau misalnya dari pemetaan, dari sisi pemetaan memungkinkan untuk diajukan beliau," ujar Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Semua bergantung pada keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Megawati yang akan memutuskan sesuai dengan hasil pemetaan.

"Untuk itu, kami akan disampaikan hasil pemetaannya kepada ibu ketua umum," kata Djarot.

Saat ini, PDIP belum mengambil keputusan soal nama yang diajukan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut. Salah satu pertimbangannya adalah siapa yang akan dihadapi.

"Kami belum memutuskan, tapi menginventarisasi ya potensi-potensi yang bisa berlaga di Sumut, siapa pun lawannya," kata Djarot.

Sebelumnya, politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku tidak paham mengenai permasalahan di provinsi Sumatera Utara. Hal itu menanggapi peluangnya maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara.

"Enggak lah. Saya juga enggak gitu paham Sumut juga," kata Ahok saat Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2025).

Namun, Ahok mengaku akan siap apabila memang ditugaskan partai. Ia memegang kedisiplinan berorganisasi.

"Saya enggak tahu. Kan Bung Karno udah ngajarin, kalau partai pelopor itu yang pertama disiplin organisasi, itu aja," katanya.

Sementara itu, Ahok tak menjawab dengan tegas apakah tertarik untuk maju di Pilgub Jakarta. Ia mengaku akan siap untuk membantu bila diminta.

"Pokoknya prinsipnya saya bantu aja, gitu aja," kata mantan gubernur DKI Jakarta ini.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: