Peluang Menang Kaesang di Jateng Lebih Besar

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 01 Juni 2024 | 12:13 WIB
Kaesang Ketua PSI bersama Jokowi (Foto/Inst PSI)
Kaesang Ketua PSI bersama Jokowi (Foto/Inst PSI)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep diisukan bakal ikut dalam Pilgub 2024. Apalagi Mahkamah Agung (MA) mengabulkan calon gubernur dan calon wakil gubernur boleh berusia 30 tahun.

Pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta Zaki Mubarak mengatakan, "Kaesang akan kesulitan bertarung di Jakarta jika bertemu eks Capres Anies Baswedan, berat."

Zaki menilai pengaruh Jokowi lebih besar di Jawa Tengah (Tengah) namun kecil di Jakarta. Ia menduga Kaesang bakal bekerja lebih keras jika bertarung dengan Anies.

“Sementara power elektoral Pak Jokowi kuat terutama di Jawa Tengah,” kata Zaki, Sabtu (1/6/2024).

Analisa tersebut berdasarkan kemenangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berhasil menambah kursi di Jakarta. Akan tetapi, ia menilai peluang Kaesang bakal meningkat jika bertarung di Jateng.

“Buktinya PKS yang menang dalam Pileg 2024. Mungkin peluang Kaesang lebih besar jika maju di pilkada Jateng,” kata dia.

Selain itu, Zaki juga menilai belum ada banyak nama populer yang bakal mengikuti Pilgub Jateng 2024, sehingga peluang menang Kaesang naik signifikan.

“Kebetulan juga di sana (Jateng) tidak ada nama populer yang muncul. Jika bertarung di Jakarta, peluangnya sangat kecil,” ujar Zaki.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: