Soal Peluang Kaesang Maju Pilgub Jakarta, Begini Analisa Pengamat

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 02 Juni 2024 | 16:01 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai calon wakil gubernur Jakarta 2024. Kaesang didorong untuk maju bersama Waketum Gerindra Budi Djiwandono.

Pengamat politik Ujang Komarudin memandang, ada faktor Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Apakah Kaesang punya potensi yang besar, tergantung dua tokoh tersebut.

Menurut Ujang, apabila Jokowi dan khususnya Prabowo mendukung Kaesang, peluang menangnya akan semakin besar.

"Ketika pilkada di bulan November, dan Jokowi selesai di bulan Oktober maka Jokowi dan keluarga bergantung pada Prabowo sebagai presiden baru," katanya kepada wartawan, Minggu (2/6/2024).

Menurut Ujang, apabila Jokowi menitipkan Kaesang untuk didukung Prabowo, maka bisa bersaing dengan nama-nama besar lainnya di Pilgub Jakarta.

"Kalau Jokowi nitip Prabowo sebagai presiden baru ya Kaesang bisa kuat bisa bersaing," katanya.

"Kalau tidak nitip ke pemerintahan baru untuk didukung ya susah kalau bekerja sendiri. Kalau tidak bekerja dengan kekuasaan susah, berat.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mendukung Budisatrio Djiwandono dan Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu diketahui dari unggahan Instagram pribadinya @sufmi_dasco pada Rabu (29/5/2024). Postingan tersebut juga diunggah di halaman Instagram resmi Partai Gerindra @gerindra.

Dalam foto tersebut, keponakan dari presiden terpilih Prabowo Subianto itu terlihat mengenakan kemeja biru muda. Sedangkan, Kaesang yang merupakan putra dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan kemeja putih dengan jas cream.

Terlihat juga gambar Monas di belakang pasangan tersebut serta tulisan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta yang dilengkapi dengan tulisan 'For Jakarta 2024'.

"Budisatrio Djiwandono - Kaesang Pangarep For Jakarta 2024," tulis Dasco di Instagramnya, dilihat Kamis (30/5/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: