Peristiwa 5 Juni: Mulai dari Penemuan AIDS hingga Perang 6 Hari Israel vs Mesir

Oleh: Mufit
Rabu, 05 Juni 2024 | 16:27 WIB
Peristiwa 5 Juni. (Foto/Freepik)
Peristiwa 5 Juni. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Peristiwa 5 Juni menjadi hal menarik yang harus Anda ketahui, karena terdapat banyak peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun.

Berikut adalah beberapa peristiwa besar yang terjadi pada 5 Juni, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (5/6/2024).

Peristiwa 5 Juni

Peristiwa 5 Juni

1. Tahun 1723 - Kelahiran Adam Smith, Penggagas Kapitalisme

John Adam Smith (lahir di Kirkcaldy, Skotlandia, 5 Juni 1723 – meninggal di Edinburgh, Skotlandia, 17 Juli 1790 pada umur 67 tahun) adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern.

Karyanya yang terkenal, An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations), adalah buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme.

Adam Smith adalah salah satu pelopor sistem ekonomi kapitalisme, yang muncul pada abad 18 di Eropa Barat dan mulai terkenal pada abad 19.

2. Tahun 1967 - Perang 6 Hari Israel vs Mesir

Perang 6 Hari adalah konflik antara Israel dan tiga negara Arab jirannya, yakni Mesir (kala itu bernama Republik Arab Bersatu), Yordania, dan Suriah, yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 10 Juni 1967.

Hubungan antara Israel dan negara-negara jirannya tidak kunjung membaik setelah Perang Arab-Israel 1948. Pada tahun 1956, Israel menginvasi Semenanjung Sinai untuk membuka kembali Selat Tiran yang ditutup oleh Mesir sejak tahun 1950.

Meski Israel didesak mundur, mereka berhasil memaksa Mesir menjamin kebebasan kapal-kapal Israel untuk berlalu-lalang di Selat Tiran. Pasukan Darurat Perserikatan Bangsa-Bangsa ditempatkan di sepanjang tapal batas kedua negara, namun tidak ada kesepakatan demiliterisasi yang tercapai.

3. Tahun 1975 - Terusan Suez Dibuka Kembali

Setelah delapan tahun ditutup akibat perang Mesir versus Israel, Terusan Suez akhirnya dibuka kembali untuk pelayaran komersial pada 5 Juni 1975 oleh Presiden Mesir, Anwar el-Sadat. Pembukaan ini merupakan bagian dari syarat perdamaian dengan Israel.

4. Tahun 1968 - Robert Kennedy Ditembak

Robert Francis "Bobby" Kennedy, lahir di Brookline, Massachusetts, Amerika Serikat, 20 November 1925. Ia tewas ditembak di Hotel Ambassador, Los Angeles, California, pada 6 Juni 1968 pada umur 42 tahun.

Dikenal sebagai "RFK", ia adalah adik laki-laki Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, dan ditunjuk oleh kakaknya sebagai Jaksa Agung dalam pemerintahannya.

Sebagai salah satu penasihat Presiden Kennedy yang paling tepercaya, ia bekerja erat dengan JFK selama Invasi Teluk Babi dan Krisis Misil Kuba. Setelah kematian kakaknya, ia dipilih menjadi senator dari negara bagian New York dan dibunuh tidak lama setelah berpidato merayakan kemenangannya dalam pemilihan pendahuluan kepresidenan 1968.

5. Tahun 1981 - AIDS Diakui untuk Pertama Kalinya

AIDS pertama kali dilaporkan pada tanggal 5 Juni 1981, ketika Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mencatat adanya Pneumonia pneumosistis (sekarang diklasifikasikan sebagai PCP dan diketahui disebabkan oleh Pneumocystis jirovecii) pada lima laki-laki homoseksual di Los Angeles.

Dua spesies HIV yang diketahui menginfeksi manusia adalah HIV-1 dan HIV-2. HIV-1 lebih mematikan dan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. HIV-1 adalah sumber dari mayoritas infeksi HIV di dunia, sementara HIV-2 sulit menyebar dan kebanyakan terdapat di Afrika Barat.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: