Deretan Perwira Polri dan TNI Ini Terima Medali Perdamaian dari PBB, Luar Biasa!

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 10 Juni 2024 | 21:30 WIB
Para perwira TNI-Polri menerima medali penghargaan dari PBB. (Foto/Humas Polri
Para perwira TNI-Polri menerima medali penghargaan dari PBB. (Foto/Humas Polri

BeritaNasional.com - Perwira Polri bernama Kombes Pol Aswin Azhar Siregar bersama lima perwira TNI bernama Brigjen Edwin Adrian Sumantha, Kolonel Laut (P) Ario Sasongko, Kolonel Laut (S) Ferry Mulyadi, Kolonel (Mar) Arief Rahman Hakim, dan Kolonel (Adm) Tri Ambar Nugroho menerima penghargaan “Commemorative Medal of Peace” di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Jenewa, Swiss. 

Medali Perdamaian itu diberikan setelah mereka mengikuti kegiatan Blue Helmets Day 2024 yang diselenggarakan pada 28 Mei-4 Juni.

Kombes Aswin kini bertugas sebagai juru bicara Densus 88 Antiteror Mabes Polri. Ia adalah Alumnus Akpol Angkatan 1993.

Selama kariernya, Polisi bertanda pangkat melati tiga ini juga pernah bertugas di PBB bulan Mei 2001 hingga Mei 2002.

Para perwira menerima penghargaan tersebut karena, pertama telah menyelesaikan sesi akademik dengan hasil memuaskan di Universal Institute of Professional Management (UIPM) yang merupakan afiliasi dari UN-ECOSOC (Economy and Social Council) dan UNA-USA (United Nations Association of the United States of America).

Kedua, para perwira berperan secara aktif dan bekerja sama secara berkelanjutan dengan badan-badan PBB lainnya, seperti UN-ECOSOC, UNESCO, dan UNA-USA. 

Kegiatan yang dilaksanakan utamanya adalah melakukan berbagai misi perdamaian, kegiatan kemanusiaan, dan andil dalam dunia pendidikan.

Sebagai informasi, ‘Blue Helmets Day’ diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh organisasi Soldiers of Peace International Association (SPIA) yang bermarkas di Lyon, Perancis. 

SPIA merupakan satu-satunya organisasi nonpemerintah (NGO) yang mendapat kepercayaan dari PBB untuk mengadakan kegiatan tersebut.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: