KPK Hormati jika Hasto Melapor ke Dewas Terkait Penyitaan Handphone

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 11 Juni 2024 | 08:35 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto setelah menjalani pemeriksaan oleh KPK. (BeritaNasional/Panji Septo)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto setelah menjalani pemeriksaan oleh KPK. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghormati langkah tim penasihat hukum Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto yang bakal melapor ke Dewan Pengawas (Dewas) lembaga antirasuah. 

Laporan tersebut berkaitan dengan handphone petinggi partai moncong putih tersebut yang disita penyidik KPK saat menjalani pemeriksaan terkait tersangka korupsi Harun Masiku.

"Pelaporan terhadap Dewas itu tentu menjadi hak setiap masyarakat,” ujar Tim Jubir KPK Budi Prasetyo di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (10/6/2024).

“Ketika mengetahui adanya dugaan pelanggaran etik, sebagaimana kewenangan di Dewas tentu kami menghormati kewenangan tersebut," imbuhnya.

Menurut dia, Hasto diperiksa oleh KPK sesuai dengan prosedur. Ponsel disita untuk menangani perkara korupsi yang melibatkan eks caleg PDIP Harun Masiku.

"Kami memastikan setiap pemeriksaan sudah dilakukan sesuai dengan SOP dan mekanisme yang ada," tuturnya.

Sebelumnya, Hasto sempat mengajak berdebat tim penyidik KPK lantaran handphone pribadi petinggi partai moncong putih ini yang dititipkan kepada stafnya disita lembaga antirasuah.

"Ada handphone yang disita dan saya menyatakan keberatan atas handphone tersebut," ujar Hasto.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: