Libas Filipina, Indonesia Berhasil Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 11 Juni 2024 | 21:40 WIB
Indonesia vs Filipina. (Foto/Timnas Indonesia).
Indonesia vs Filipina. (Foto/Timnas Indonesia).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0 dari Filipina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F zona Asia. Dengan hasil ini membawa Indonesia melaju ke babak ketiga di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024), Indonesia langsung membangun serangan sejak peluit awal dibunyikan oleh wasit.

Semisalnya, pergerakan Thom Haye pada menit ke-6 yang merangsek masuk ke dalam kotak penalti dan kemudian mengirimkan bola ke depan gawang menuju Ragnar Oratmangoen, hanya saja masih bisa dibuang oleh pemain Filipina.

Thom Haye malam ini menjadi otak serangan bagi Indonesia. Semisalnya pada menit ke-8 lagi-lagi Thom Haye mencoba masuk ke dalam kotak penalti dan memberikan umpan lambung yang disambut oleh Marselino Ferdinan. Hanya saja masih bisa dijangkau oleh Kevin Ray Mendoza.

Debutan Timnas Indonesia, Calvin Verdonk unjuk gigi dengan memberikan ancaman ke gawang Filipina. Peluang itu bermula  umpan datar dari Rafael Struick dan kemudian disambut Verdonk hanya saja masih bisa digagalkan oleh kiper Filipina Kevin Ray Mendoza.

Gol yang ditunggu oleh Timnas Indonesia akhirnya tiba setelah di menit ke-32 Thom Haye mencetak gol dari jarak jauh. Sepakan keras itu pun tidak bisa dihalau oleh Kevin Ray Mendoza. SKor berubah menjadi 1-0 bagi Indonesia.

Walau sudah unggul, Indonesia tak mengendurkan serangan. Beberapa ancaman terus dilakukan oleh Rizky Ridho Cs untuk menambah keunggulan. Namun hingga babak pertama berakhir skor 1-0 keunggulan bagi Indonesia.

Di babak kedua, Filipina mencoba agresif. Dylan Demuynck melakukan aksi individu yang merepotkan lini pertahanan Indonesia yang dikomandoi oleh Jay Idzes.

Gol kedua bagi Indonesia akhirnya tercipta berawal dari solo run Calvin Verdonk yang dijatuhkan oleh pemain Filipina dan menghasilkan tendangan bebas.

Nathan Tjoe-A-On menjadi eksekutor tendangan bebas dan memberikan umpan yang disambut oleh Rizky Ridho tak bisa diantisipasi Kevin Ray Mendoza. Skor berubah menjadi 2-0 bagi keunggulan Indonesia.

Pelatih Shin Tae-yong kemudian memberikan perubahan dengan memasukan beberapa pemain. Yakob Sayuri dan Ivar Jenner masuk menggantikan Rafael Struick dan Nathan Tjoe-On.

Jay Idzes tidak mau kalah untuk memberikan ancaman bagi gawang Filipina. Bermula di menit ke-71 Indonesia mendapatkan tendangan sudut yang dilepaskan oleh Thom Haye kemudian disundul oleh Jay Idzes namun masih bisa membentur mistar gawang.

Kendali permainan masih bisa dikuasai oleh Indonesia. Pada menit ke-81 Marselino Ferdinan menciptakan peluang lewat sepakan bebas, hanya saja tendangan mantan pemain Persebaya itu melambung jauh ari gawang Filipina.

Laga sempat terhenti di akhir babak kedua usai bek Filipina Adrian Ugelvik mengalami cedera serius usai berbenturan dengan kiper Indonesia Ernando Ari saat duel di udara.

Hingga peluit dibunyikan oleh wasit, skor 2-0 keunggulan bagi Indonesia tetap bertahan. Dengan ini Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: