Pansel Capim Minta Masukan ke KPK soal Pimpinan Baru

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 12 Juni 2024 | 21:30 WIB
Ketua Pansel Capim KPK Muhammad Yusuf Ateh. (Foto/UI)
Ketua Pansel Capim KPK Muhammad Yusuf Ateh. (Foto/UI)

BeritaNasional.com - Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Muhammad Yusuf Ateh meminta masukan soal bakal pimpinan baru ke lembaga antirasuah.

"Banyak sekali informasi yang disampaikan tadi tentang kelembagaan KPK,” ujarnya di Gedung Merah Putih KPK pada Rabu (12/6/2024).

Yusuf mengaku pihaknya mendapat banyak masukan dari KPK terkait sosok yang diharapkan dan tantangan ke depan.

“Sosok yang diharapkan, kesulitan-kesulitan, kekurangan, dan kelebihan yang menjadi pengalaman beliau-beliau ini (pimpinan KPK) selama periode ini sudah kami catat," tuturnya.

Dalam agenda tersebut, Yusuf mengaku bertemu dengan berbagai pihak. Di antaranya, Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. 

Selain itu, ada pula Pimpinan KPK Johanis Tanak, Nurul Ghufron, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, dan Sekjen KPK Cahya H. Harefa.

Dia mengatakan pihaknya meminta bantuan KPK untuk melakukan profiling terhadap capim KPK untuk menjadi acuan dalam menyeleksi.

"Kami minta bantuan nanti untuk memberikan clearance pada calon-calon pimpinan KPK yang nanti akan mendaftar dalam seleksi ini," katanya.

"Nanti, kami sampaikan ke KPK itu. Enggak hanya ke KPK sebenarnya, ke beberapa lembaga lainnya kami minta informasi itu ya," imbuhnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: