Piala Eropa 2024 Digelar di Rumah Sendiri, Gundogan: Ini Kesempatan Sekali Seumur Hidup

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 14 Juni 2024 | 14:00 WIB
Gelandang Timnas Jerman Ilkay Gundogan. (Foto/UEFA)
Gelandang Timnas Jerman Ilkay Gundogan. (Foto/UEFA)

BeritaNasional.com - Tim Nasional (Timnas) Jerman belum pernah melaju melampaui babak 16 besar sejak 2016 di Piala Eropa.

Namun, di kandang sendiri dan diisi segudang pemain berkualitas, sang gelandang, Ilkay Gundogan yakin tuan rumah bisa melaju jauh di kompetisi negara terbesar di Eropa ini.

Gelandang klub Barcelona itu telah memenangi segalanya di level klub. Namun, di kancah internasional, kesuksesan diimbangi dengan kekecewaan.

Dia melewatkan kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014 dan berlari ke semifinal Piala Eropa 2016 karena cedera.

Sejak saat itu, ia selalu hadir di final besar, meskipun negaranya belum melaju melampaui babak 16 besar dalam kurun waktu tersebut. 

Sekarang, dengan turnamen di kandang sendiri dan kemajuan di bawah bimbingan Julian Nagelsmann, pemain berusia 33 tahun itu bertekad memanfaatkan peluang itu. Apalagi dia didapuk sebagai kapten timnas.

‘’Suatu kehormatan besar, hak istimewa yang besar untuk menjadi kapten. Saya telah mengalami banyak hal buruk dalam karier saya. Saya tahu apa yang diperlukan untuk sukses. Yang bisa saya lakukan hanyalah memimpin dari depan, baik di dalam maupun luar lapangan,’’ tuturnya yang dilansir dari laman UEFA.com pada Jumat (14/6).

Pemain yang pernah berseragam Dortmund tersebut juga yakin dengan kualitas skuad Timnas Jerman dan telah mempersiapkan diri dengan sangat baik untuk memenangi kompetisi.

‘’Kami berharap kali ini kami mengambil manfaat dari euforia di negara asal kami dan dukungan dari para penggemar. Kami juga harus mendapatkan kepercayaan dari fans kami di lapangan. Jika kami melakukannya, saya pikir kami akan berhasil,’’ tuturnya

Mantan pemain Man City ini juga berbicara tentang perubahan yang diciptakan pelatih  Julian Nagelsmann selama delapan bulan ke belakang.

‘’Dia telah membawa struktur ke dalam tim. Dia mempunyai gagasan yang jelas tentang apa yang diinginkannya. Ada ketenangan dalam cara tim pelatih menangani skuad. Ada perasaan bahwa mereka memiliki kepercayaan pada para pemain, yang berdampak baik pada kami,’’ ucapnya.

Melawan Skotlandia di laga pembuka Piala Eropa, Gundogan mengatakan bahwa ini adalah kesempatan sekali seumur hidup yang istimewa baginya.

‘’Bermain di kompetisi ini di negara sendiri adalah kesempatan sekali seumur hidup. Jadi, jelas ini terasa sangat istimewa. Kami juga tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit melawan Skotlandia. Mereka punya banyak kualitas, banyak bintang dari Premier League, jadi ini akan menjadi tantangan tapi kami yakin,’’ katanya.

Gundogan menuturkan koleganya punya kualitas permainan yang ciamik dan didukung fans secara langsung sebagai tuan rumah.

‘’Kami tahu kualitas kami dan potensi skuad. Jika kami tampil, jika para penggemar juga mendukung kami, kami bisa menciptakan atmosfer spesial di hari pembukaan dan mudah-mudahan bisa meraih tiga poin,’’ tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: