Masjid Istiqlal Mulai Dipadati Jemaah Jelang Salat Idul Adha

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 17 Juni 2024 | 06:39 WIB
Situasi Masjid Istiqlal menjelang Salat Idul Adha. (BeritaNasional/Lydia).
Situasi Masjid Istiqlal menjelang Salat Idul Adha. (BeritaNasional/Lydia).

BeritaNasional.com - Masjid Istiqlal siap menggelar salat Idul Adha pada Senin (17/6/2024) hari ini. Adapun salat hari raya ini dijadwalkan mulai pukul 07.00 WIB.

Meski demikian, berdasarkan pantauan, para jemaah telah memadati Masjid Istiqlal sejak pukul 05.30 WIB.

Di dalam masjid, jemaah banyak yang sudah masuk sejak dini hari. Mengingat, Masjid Istiqlal sendiri mengimbau agar warga datang sejak subuh guna mendapatkan tempat ibadah yang nyaman.

Kemudian pada pukul 06.00 WIB, terlihat antrean mulai panjang bagi para jemaah untuk bisa masuk ke halaman Masjid Istiqlal. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga salat di Istiqlal. Ia tiba dengan mobil RI 41 sekitar pukul 06.15 WIB.

Selain AHY, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin dikabarkan juga akan menunaikan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Sebagai informasi, Martomo Malaing akan menjadi imam dalam salat Idul Adha kali ini serta khotbah akan disampaikan oleh Amien Suyitno.

Bagi masyarakat yang masih dalam perjalanan, perlu mengingat bahwa ada beberapa pintu masuk yang dibuka di Istiqlal, yakni sebagai berikut.

- Gerbang 2 Al-Ghaffar (seberang Pertamina) untuk pejalan kaki

- Gerbang 3 Al-Aziz (seberang Kemenag/SMPN 04 Jakarta) untuk pejalan kaki dan parkir mobil/motor di Basement Masjid Istiqlal

- Gerbang 5 Al-Fattah (seberang Gereja Katedral) untuk pejalan kaki

- Gerbang 6 Al-Mukmin (seberang tugul Adipura) untuk pejalan kakisinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: