Ini Tips Agar Daging Kurban Tidak Cepat Busuk

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 18 Juni 2024 | 16:00 WIB
Daging kurban. (Foto/Freepik)
Daging kurban. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com -  Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta membagikan tips cara menyimpan daging kurban agar tidak cepat busuk.

Informasi tersebut dibagikan Dinas KPKP Jakarta melalui akun Instagram resminya @dkpkp.jakarta, bekerja sama dengan Majalah Digital Pemprov DKI @majalah.jakita.

"Dapat banyak daging kurban, sampai bosan makannya? Mau disimpan, tapi kalau kelamaan takut busuk dan berbau juga. Tenang, kamu bisa simpan daging kurban mentah yang tersisa tanpa takut busuk dan tetap segar buat dimasak di kemudian hari," tulis Dinas KPKP, Selasa (18/6/2024).

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah daging cepat busuk adalah dengan memperhatikan kondisi kulkas dan freezer.

"Pastikan kondisi kulkas dan freezer untuk menyimpan daging dalam keadaan bersih agar tidak ada kotoran dan bakteri yang dapat berpotensi mengontaminasi daging yang menyebabkan daging lebih cepat busuk," ujar Dinas KPKP.

"Selain itu, jangan lupa perhatikan suhu freezer dengan suhu di bawah 18 derajat agar masa simpan bisa sampai 3 hingga 6 bulan," tambahnya.

Selanjutnya, cara kedua adalah menyediakan wadah food grade untuk menyimpan daging. Sebab, wadah penyimpanan yang tepat berguna menjaga kebersihan hewan yang disimpan.

"Wadah yang baik itu berlabel food grade, bersih, kedap udara, dan tertutup. Untuk menjaga kelembapan, kesegaran, rasa, dan kandungan gizi daging, sebaiknya lapisi lagi dengan kertas aluminium foil," ucapnya.

Selanjutnya, hindari mencuci daging. Sebab, mencuci daging dapat meningkatkan kadar air di dalamnya sehingga membuat paparan mikroba menjadi lebih besar.

Terakhir, catat tanggal penyimpanan daging di kulkas atau freezer. Hal ini berguna untuk mengontrol masa kedaluwarsa.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: