KPK Tegaskan Tak Terpengaruh Peringkat Survei Litbang Kompas

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 21 Juni 2024 | 17:30 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak terpengaruh oleh peringkat lembaga antirasuah yang berada di urutan paling bawah terkait citra publik versi survei Litbang Kompas.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengaku sampai saat ini bisa tidur nyenyak meskipun lembaga yang dipimpinnya ditempatkan di urutan bawah oleh survei tersebut.

"Saya tidak terpengaruh dengan survei-survei seperti itu. Saya masih bisa tidur nyenyak," ujar Alex dalam diskusi virtual bertajuk 'Mencari Pemberantasan Korupsi: Menjaga Independensi, Menolak Politisasi' di kanal YouTube PBHI Nasional pada Jumat (21/6/2024).

Alex mengatakan survei itu tak merepresentasikan kinerja KPK. Dia juga meragukan pengetahuan responden terkait tugas lembaga antirasuah.

Karena di luar itu hanya rumor. Belum tentu respondennya itu ditanya tahu apa tupoksi KPK," tuturnya.

Sebelumnya, Litbang Kompas menempatkan KPK berada di posisi terbawah dari 8 lembaga yang diteliti terkait citra lembaga negara. 

Dalam survei tersebut, citra KPK meningkat menjadi 56,1 persen dibandingkan tahun lalu. Meski demikian, lembaga antirasuah berada di posisi terbawah.

Survei itu dilakukan dengan dengan wawancara tatap muka kepada 1.200 responden pada 27 Mei-2 Juni 2024 yang dipilih acak melalui metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Tingkat kepercayaan metode tersebut 95 persen dan margin of error plus minus 2,83 persen.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: