Pemerintah Targetkan Akhir Juli Kondisi PDNS Sudah Normal

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 27 Juni 2024 | 20:55 WIB
Menkominfo Budi Arie mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR  untuk membahas data yang diretas. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Menkominfo Budi Arie mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR untuk membahas data yang diretas. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Pemerintah menargetkan akhir Juli 2024 ini data Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang mengalami serangan siber Ransomware bisa normal kembali.

"Penyusunan shortlist dan recovery layanan prioritas, Kominfo KSO PDNS kementerian/lembaga daerah itu diharapkan sampai akhir Juli bisa kami recovery total," ungkap Menkominfo Budi Arie saat rapat kerja dengan Komisi I DPR, Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Menurut Arie, pemulihan layanan yang memiliki backup ini dilakukan oleh Kominfo, KSO PDNS, BSSN, kementerian/lembaga/daerah diharapkan akhir bulan Juli sudah selesai.

Setelah serangan siber itu, Kominfo melakukan langkah pertama pada pekan ketiga Juni. Lalu, melakukan inventarisasi vendor terdampak dan melakukan penetapan aset.

Pada pekan keempat bulan Juni, Kominfo mengirimkan surat untuk mewajibkan kementerian dan lembaga untuk melakukan backup data.

"Terus penyusunan strategi dan pedoman recovery layanan ini juga Minggu ini Bisa diselesaikan," ujar Budi.

Sementara itu, audit forensik yang dilakukan Kominfo bersama Bareskrim Polri diharapkan bakal selesai pada awal Juli.

"Nah forensik, Kominfo KSO PDNS dan Bareskrim diharapkan dalam Minggu pertama Juli sudah jelas," kata Budi.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: