PKB Bantah Bahas Peluang Usung Risma di Pilgub Jatim 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 28 Juni 2024 | 23:00 WIB
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. (Foto: MPR RI)
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. (Foto: MPR RI)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid membantah membahas nama Tri Rismaharini untuk dipasangkan dengan kader PKB di Pilgub Jawa Timur. Jazilul mengatakan tidak pernah ada pembahasan nama Risma.

"Enggak ada itu dibahas soal Bu Risma," kata Jazilul di Istana Negara Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Sementara itu, PKB mengupayakan mengusung KH Marzuki Mustamar sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur. Jazilul menuturkan, belum mengerucut siapa yang akan menjadi wakilnya.

"Dinamika di Jawa timur masih belum mengerucut," katanya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda mengusulkan duet KH Marzuki Mustamar dengan Tri Rismaharini di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024 untuk menghadapi Khofifah-Emil. Huda mendorong koalisi antara PKB dan PDIP.

"Saya sendiri mengusulkan pasangan untuk bisa bertanding melawan Mbak Khofifah, salah satunya adalah koalisi PKB-PDIP dengan figur Kiai Marzuki-Bu Risma," ujar Huda di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Huda mengungkap sudah ada komunikasi antara DPW PKB Jawa Timur dan DPD PDIP Jawa Timur untuk membahas rencana kerja sama di Pilgub Jatim.

Sebelumnya, PDIP ingin mengusung Khofifah, tetapi terbentuk sosok yang menjadi calon wakil gubernur.

Karena itu, PDIP membuka komunikasi dengan PKB untuk mengusung jagoan sendiri.

"Di teman-teman DPW, kayaknya sudah, kan awalnya teman-teman PDIP ingin menjadi bagian dari gerbongnya Mbak Khofifah mengusung calon wakil. Namun, perkembangannya kayaknya dengan konstelasi terakhir sama beberapa rekomendasi partai sudah langsung memaketkan Mbak Khofifah dengan Mas Emil Dardak," kata Huda.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: