PDIP Siapkan 3 Menteri hingga Petahana untuk Maju Pilkada Jatim 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 30 Juni 2024 | 14:00 WIB
Ilustrasi Pilkada Jatim (Foto/Freepik)
Ilustrasi Pilkada Jatim (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, partainya memiliki banyak kandidat untuk diusung dalam Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

Dari kalangan menteri, lanjut Hasto, terdapat tiga nama yang masuk radar Pilkada Jawa Timur 2024.

Tiga orang itu adalah Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial, Abdullah Azwar Anas yang menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Pramono Anung yang merupakan Menteri Sekretaris Kabinet.

"Ya Pilkada Jawa Timur partai memiliki sedikit banyak calon kepala daerah. Misalnya dari kalangan menteri ada Ibu Risma, ada Pak Abdullah Azwar Anas, ada Pak Pramono Anung ini laris manis ada yang ngusung di Jakarta ada yang ngusulkan di Jawa Timur," kata Hasto kepada wartawan di Kawasan GBK, Sabtu (29/6/2024).

Di kalangan pemimpin petahana yang berpotensi untuk diusung. Para petahana itu adalah Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Bupati Trenggalek Nur Arifin, dan Bupati Sumenep Nur Fauzi.

"Ada Gus Ipin, ada Ibu Ipuk dari Banyuwangi, ada Fauzi dari Madura Sumenep. Itu juga saudara Fauzi sangat kuat sehingga tinggal merumuskan kerja sama politik," ujar Hasto.

"Misalnya kami komunikasi dengan PKB, kami komunikasi juga dengan Partai Gerindra yang sudah memberikan dukungan untuk beberapa wilayah Jawa Timur tapi untuk daerah lain kami juga melakukan komunikasi politik," tambahnya.

Meski demikian, Hasto menyebut bahwa proses pemilihan sosok siapa yang bakal diusung sangat bersifat dinamis. Oleh karena itu, susunan nama-nama ini bisa berubah tergantung situasi politik.

"Partai terus mendorong kader-kader internal partai untuk maju dan bekerja sama dengan mereka yang telah digembleng baik melalui jalur birokrasi, jalur profesional, jalur purnawirawan TNI/Polri kemudian juga dari kalangan pers misalnya," tandasnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: