Begini Respons Nawawi Pomolango Soal Permasalahan Firli Bahuri: Jangan Tanya KPK

Oleh: Panji Septo R
Senin, 01 Juli 2024 | 17:51 WIB
Rapat kerja komisi III dengan KPK bahas evaluasi kinerja KPK . (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Rapat kerja komisi III dengan KPK bahas evaluasi kinerja KPK . (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sementara, Nawawi Pomolango, meminta semua pihak tidak mempertanyakan masalah mantan Ketua KPK Firli Bahuri kepada lembaga antirasuah.

Pernyataan ini disampaikan Nawawi menanggapi pertanyaan dari anggota Komisi III DPR mengenai langkah selanjutnya yang akan diambil oleh KPK terkait kasus Firli.

"(Pertanyaannya) bagaimana langkah selanjutnya terhadap ketua yang lama itu ya," ujar Nawawi di kompleks parlemen, Senayan, Senin (1/7/2024).

Menurut Nawawi, pertanyaan tersebut seharusnya diajukan kepada aparat penegak hukum yang menangani perkara Firli, yaitu Polda Metro Jaya.

"Bukan tanya ke KPK-nya tapi tanyakan kepada pejabat yang menangani urusan yang bersangkutan, bukan tanya kita ke KPK pertanyaan itu," tuturnya.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Benny K. Harman mempertanyakan nasib Firli Bahuri yang telah menjadi tersangka.

Ia meminta pimpinan KPK untuk menjelaskan hal tersebut kepada publik karena masyarakat ingin mengetahui persoalan yang dihadapi oleh lembaga antirasuah.

"Tolong jelaskan ada apa dengan Ketua KPK? Jelaskan kepada publik. Bukan kepada kami, supaya publik tahu,” ujar Benny dalam rapat kerja Komisi III DPR bersama KPK.

Benny menegaskan bahwa masalah ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Ia juga menyatakan bahwa Firli menghilang begitu saja dan publik tidak mengetahui apa yang terjadi di KPK.

“Jangan didiamkan, ada apa? Publik enggak tahu ada apa di KPK ini. Ketua KPK-nya menghilang, masa menghilang begitu saja," katanya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: